17 Cara Jualan di Instagram yang Bisa Anda Buktikan Sendiri!

Gara-Gara-Instagram
mmbc express

Cara Jualan di Instagram

Aplikasi Instagram yang awal mulanya hanya digunakan usernya sebagai sarana berbagi moment dengan gambar, kini juga telah banyak digunakan sebagai sarana jualan oleh para online shop dari kelas pemula hingga brand kelas ‘kakap’.

Ini terbukti ketika beberapa waktu lalu kami melihat dan memperhatikan akun IG seorang artis yang terkenal saat ini di berbagai komentar dan postingannya  banyak mempromosikan jualan mereka di Instagram.

Komentar promosi mulai dari hard-selling hingga soft-selling berkeliaran di setiap postingan akun IG artis tersebut, mulai dari; “Promo Diskon 90% sis belanja di toko kami hanya hari ini!”, hingga “Cek IG-nya kakaak”.

jualan di instagram

Promosi di Instagram Harus dengan Elegan

Sekarang ini sudah todak bisa ditampikkan lagi bahwa memang Instagram sudah banyak menelurkan olshop dan membawa kesuksesan banyak online shop. Ketetenaran ini dalam dalam artian banyaknya followers serta interaksi disana, berkualitas dalam artian mereka juga membangun interaksi dengan komentar diakun-akun besar di IG, tapi komentar non SPAM.

Kali ini kami akan membahas bagaimana melakukan trik promosi di Instagram dengan cara elegan tanpa terlihat seperti SPAM. Sehingga selain follower meningkat, imageolshop kamu juga tidak jatuh dibuatnya.

BACA JUGA : Cara Mensiasati  Perubahan Algoritma Instagram

Berikut adalah 17 Tips Promosi di Instagram yang bisa kamu praktekkan dengan Mudah!

1. Lengkapi Akun Instagram kamu dengan Keterangan yang Jelas

Siapapun tidak akan suka sesuatu yang tidak jelas, termasuk akun Instagram.

Maka lengkapi keterangan akun IG kamu, mulai dari profile picture, biodata serta keterangan website kamu jika ada.

Dengan ini akun IG kamu akan terlihat authority-nya, hal ini membuat siapapun yang melihat akan mulai memperhitungkan akun IG kamu.

2. Apapun bentuk akun Instagramu, Tetap Tentukan Tema Konten yang akan Dibagikan di Akun IG Bisnis Kamu

Akun-akun Instagram besar memiliki follower yang banyak karena mereka sering berbagi konten bermanfaat. Tapi bukan saja bermanfaat, namun mereka juga konsisten berbagi konten yang satu temanya.

Hal ini memudahkan followers untuk mengetahui ciri khas akun Instagram kamu. Kamu juga bisa menirunya seperti itu walaupun akun IG kamu diperuntukkan sebagai olshop. Contohlah akun @JilbabWalimah yang menentukan temanya berbagi tentang Jilbab Syar’i

Namun saat ini kebanyakan dari Online shop Instagram hanya melakuka promosi jualan setiap harinya… Mereka seringkali lupa bila Instagran adalah platform Sosial Media!

Maka mengupdate postingan dengan konten yang telah kamu tentukan akan memberikan manfaat kepada followers kamu. Lain kali, followers kamu bukan tidak mungkin mempromosikan akun IG bisnis kamu.

 

3. Posting Secara Konsisten

Dengan melakukan posting secara konsisten, maka akun IG bisnis kamu akan dilihat niat dalam berinteraksi dengan followers yang telah kamu dapatkan.

Selain itu, kamu akan terlihat eksis di dunia Instagram. Sebenarnya lebih dari itu, dengan sharing postingan konsisten setiap hari, para followers akan merasa kamu akan selalu ada untuk mereka.

4. Hashtag (#) itu Penting!

Di Instagram, hashtag penting untuk memasukkan postingan kamu kedalam kategori-kategori yang terdapat di seluruh postingan Instagram, baik di dalam maupun luar Indonesia.

Dengan menyertakan hashtag, para Instagram user akan lebih mudah menemukan postingan kamu diantara tumpukan 300juta gambar dari para user yang mengupload di IG.

Caranya mudah, cukup mengetik tanda pagar (#) setelah “caption” gambar yang telah kamu ambil, maka akan muncul kategori sesuai jumlah post yang telah memakai tagar tersebut.

5. Bangun Relasi dengan Akun-Akun IG Sejenis

Jika akun IG kamu adalah olshop lingkup Fashion Wanita, maka bangun relasi dengan artis-artis fashion wanita di Instagram, kamu harus mulai cari-cari siapa saja mereka.

Membangun relasi bisa dengan mengomentari pada tiap postingan mereka, tapi ingat komentar yang berhubungan dengan postingannya dan bukan SPAM.

Tapi saran saya, baiknya berkomentar bukan menggunakan akun IG olshop kamu, melainkan akun pribadi. Nah, di Bio profile kamu bisa dimasukkan link akun IG olshop kamu.

Sehingga akan terlihat natural dimata si artis tersebut. Selain itu kamu sendiri juga jadi eksis sebagai si empunya akun olshop tersebut.

Baca juga: Membangun Strategi Sosial Media yang Benar untuk Bisnis Anda

 

6. Lempar Followers ke Web Jualan Kamu

Sudah umum diketahui, bahwa di Instagram saat menyertakan link pada “caption” foto maka link tersebut tidak hidup (tidak bisa langsung di-klik).

Nah untuk bisa mengarahkan calon buyer mu ke berbagai link penting jualan mu seperti link ke website, chat wa dan berbagai link lainnya, saat ini kita bisa menggunakan yang dinamakan URL BIO LINK

cara jualan di instagram

 

Gambar di sebelah kiri adalah posisi link yang bila di klik akan muncul halaman baru yang berisi berbagai link menuju berbagai fitur jualan teman2 semua.

Misal menuju halaman website panjualan, toko di marketplace, ataupun link chat WA!

Link yang telah di Customize tersebut bisa dimasukkan di bagian link di profile instagram mu masing masing. Setiap kali ada customer yang menanyakan sesuatu atau mau order bisa kamu arahkan dan chat mereka untuk KLIK LINK DI BIO!

 

Mau tahu Cara Jualan di Instagram serta jurus-jurus meledakkan Omsetmu Via Akun Social Media ini? Download FREE E-BOOKnya dengan klik disini!

jualan di instagram

7. Berikan Promosi Khusus dengan Syarat

Hal ini berlaku disetiap social media, yaitu dengan promosi khusus baik itu Discount atau Free Item yang memberlakukan syarat didalamnya.

Bisa dengan harus LOVE postingan terlebih dahulu, Follow dulu, dan pastikan ada syarat Re-Gram yaitu semacam retweet pada twitter dan share pada Facebook. Ada aplikasi khusus agar kamu bisa Re-Gram postingan akun IG lain.

img-1421428093
Courtesy of webpraktis.com

8. Bagikan Konten Visual dengan Logo Brand

Bermain dengan akun Instagram artinya kita akan lebih sering dan sehari hari berkutat dengan konten Visual. Maka dari itu lakukanlah berbagai optimasi dan upload konten visual yang sesuai dengan tema atau topik akun atau online shop mua.

Share berbagai konten gambar yang merupakan karya original atau buatan sendiri, biila menggunakan konten orang lain wajib minta iji atau mencantumkan asal konten dengan credit di caption postingan mu. Ada berbagai materi konten yang bisa digunakan untuk memperindah dan memvariasikan postingan feed instagram mu  seperti; Infographic, Gambar Unik, dll, lalu berikanlah logo brand kamu.

Saat gambar tersebut dibagikan oleh akun lain (Ingat sistem Re-Gram tadi kan?), maka akun IG lain akan melihat logo brand kamu beserta nama akun Instagram kamu.

9. Sharing Momen-momen Belakang Layar kepada Followers Kamu

Pernah liat iklan tentang proses-proses pengerjaan sebuah mobil merk ternama di pabrik mereka? Mungkin hal ini bisa dianalogikan seperti itu.

Sharing berbagai moment lucu atau intim dapat meningkatkan kedekatan brand kamu dengan para pencita atau calon pembeli produknya yang akhirnya membuat mereka jadi follower setia.

Hal-hal seperti; proses syuting film, proses pembuatan gaun pernikahan, proses produksi makanan snack, dan lain-lain dapat mengundang interaksi menarik dengan Follower kamu. Selain masalah kedekatan, hal ini memberikan trust kepada customer bahwa produk kamu memang berkualitas, terlihat dengan proses produksi yang misalnya; hygienis.

10. Berbagi Foto dari Klien yang Puas

Menghargai customer adalah ciri-ciri brand yang berkualitas, karena service mereka diatas rata-rata. Salah satunya adalah dengan mengepos kembali postingan Instagram customer yang puas dengan produk kamu.

Cara menemukan customer yang telah mengepos kamu yaitu bisa dengan cek di notifikasi apakah ada mention masuk atau tidak. Atau bisa juga search sesuai hashtag khusus brand kamu.

11. Berbagi Foto Stok Produk

Seperti di kios kovensional pada lazimnya, product display sungguh-sungguh dibutuhkan bagi customer untuk mendapatkan kepercayaan dari olshop kau.

Karenanya dari itu, “pamer” foto stok produk kami di Instagram dapat meningkatkan kepercayaan terhadap calon customer yang pada awalnya ragu, menjadi yakin akan kredibilitas olshop kamu.

12. Gunakan Strategi Promosi “Siapa Cepat Dia Dapat”

Karenanya promosi produk ini mengandalkan scarcity alias kelangkaan sebuah produk. Karenanya sederhananya yaitu; “Kecuali Tersedia 10 Stok!”, “Karenanya Akan Namun Lagi!”, dll.

Karenanya dibanyak olshop banyak yang melaksanakan PO atau Purchase Order. Sebetulnya ini berarti para customer akan mengorder terlebih dulu barangnya, beberapa waktu kedepan baru produknya dapat diterima sang customer.

Karenanya dengan hal ini para Instapreneur dapat melaksanakan cara promosi PO terbatas! Sebetulnya ini yang aku lihat telah dikerjakan oleh @ratubilqisyari yang membuka PO hanya untuk beberapa orang yang komentar pertama di postingannya.

Sebetulnya ini cara yang paling lazim dikerjakan olshop di Instagram, yaitu endorsement. Kamu bisa mencari berbagai akun personal di IG yang membuka jasa endorse, tentu yang jumlah followersnya besar. Saat ini sudah sangat banyak Akun Endorse dari berbagai jenis berdasarkan Popularitas atau Jumlah Followernya.

Karenanya ada yang memberikannya secara tak dipungut bayaran, beberapa juga memberikan dengan prasyarat seperti pembayaran jelilah terhadapnya.

Walau beberapa ada juga akun IG yang mempunyai followers besar tetapi belum mengerti istilah ini, lazimnya dilihat belum ada postingan foto produk disana. Nah, ini kesempatanmu menawarkan produk dengan sedikit endorsement disana.

Hal ini cara yang paling lazim dilakukan olshop di Instagram, yaitu endorsement. Carilah akun-akun personal di IG yang membuka endorse tersebut, tentu yang jumlah followersnya besar.

Beberapa ada yang memberikannya secara gratis, beberapa juga memberikan dengan syarat seperti pembayaran jelilah terhadapnya.

Walau beberapa ada juga akun IG yang memiliki followers besar tapi belum paham istilah ini, biasanya dilihat belum ada postingan foto produk disana. Nah, ini kesempatanmu menawarkan produk dengan sedikit endorsement disana.

14. Paid Promote

Sistem paid promote berbeda dengan endorsement, cara ini berlaku untuk akun-akun IG yang khusus memberikan slot untuk melakukan promosi di Instagram mereka.

Biasanya akun-akun ini adalah akun promosi bisnis non-artis yang populer di Instagram. Contoh salah satu yang saya tau adalah akun @dagelan.

Mereka memberikan postingan unik dengan menyelipkan beberapa slot paid promote dengan awalan “[ Dagelan Support Indonesian Product ]”

BONUS

Jika diatas tadi adalah beberapa cara jualan di instagram dan promosinya, maka dibawah ini adalah bagaimana menarik followers baru diluar social media Instagram.

15. Beritahu Fans di Socmed Lain tentang IG Bisnis Kamu

Jika kamu sudah memiliki fans atau followers diluar Instagram, adalah ide yang bagus untuk memberitahukan bahwa kamu juga memiliki akun Instagram.

Kamu bisa posting di Facebook Fanpages, twitter, LinkedIn hingga Google plus. Hal ini akan mendrive fans kamu sebelumnya ke Instagram.

16. Gunakan dan Pampang Link Instagram di Signature E-mail, atau Akun IG di Kartu Nama

Kamu tentunya perlu mengirimkan beberapa e-mail kepada klien maupun partner bisnis, maka menyertakan link Instagram di signature kamu merupakan strategi yang jitu.

Kamu juga perlu menjalin relasi saat offline bukan? Maka menyertakan nama akun IG bisnis kamu di kartu nama bisa menjadikan cara ampuh untuk lebih dekat dengan partner kamu.

Untuk belajar meningkatkan Follower serta Closing terus menerus Via Instagram, kamu bisa belajar secara khusus di Instagram Strategi 2021 KLIK DISINI

Dengan begitu siapapun yang menerima e-mail ataupun berkenalan dengan kamu secara offline, akan tergerak untuk mengecek akun Instagram kamu.

instagram auto follower

17. Pasang Widget Instagram di Web Kamu

Jika bisnis kamu sudah memiliki web, banyak plugin yang dapat menampilkan gambar postingan kamu di Instagram. Beberapa diantaranya bisa kamu lihat disini.

Hal ini akan memberikan akses visitor website kamu melihat momen apa saja yang kamu bagikan di Instagram.

Instagram Jadi Ranah Promosi yang Naik Daun

Melihat banyak olshop yang mulai banyak berpromosi di Instagram menjadikan social media ini hits dijadikan sarana promosi. Lagipula sarana Instagram cocok untuk target market menengah keatas.

Maka jika kamu belum punya akun Instagram, kini saatnya membuatnya satu dan mulai mempraktekkan 17 tips promosi dan cara jualan di instagram di atas!

Share ke para sahabatmu agar bermanfaat…

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

[rainmaker_form id=”4067″]

About Agung P 221 Articles
Life is Never Flate!

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. List Building, Sebuah Teknik yang akan membuat Anda Closing Terus Menerus - innetzone.id
  2. Algoritma Instagram dan Perubahannya yang Bikin Rempong! - Belajar Inet Marketing

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.