Fitur dan Tips Whatsapp Terbaru yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Fitur dan Tips Whatsapp Terbaru

Tahukah Anda, ternyata WhatsApp menempati urutan ke 2 pengguna terbanyak di dunia.

Statista.com telah melakukan penelitian terhadap media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebagaimana data berikut ini:

  1. Facebook dengan 1,59 miliar pengguna
  2. WhatsApp dengan 1 miliar pengguna
  3. Facebook Messenger dengan 900 juta pengguna
  4. QQ dengan 853 juta pengguna
  5. WeChat dengan 697 pengguna
  6. QZone dengan 640 juta pengguna
  7. Tumblr dengan 555 juta pengguna
  8. Instagram dengan 400 juta pengguna
  9. Twitter dengan 320 juta pengguna
  10. Baidu Tieba dengan 300 juta pengguna

 

WhatsApp sangat rajin menyuguhkan beragam fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum mengetahui atau belum menggunakannya. Nah berikut ini adalah fitur dan tips whatsapp terbaru yang bisa anda pelajari dan simak.

Padahal, kamu bisa memakainya untuk memudahkan dalam banyak hal. Di antaranya untuk chatting lebih seru, menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, dan masih banyak lagi.

Fitur dan Tips WhatsApp terbaru :

1. Membuat Status di WhatsApp

whatsapp-stories-1

WhatsApp kembali meluncurkan sebuah fitur menarik yang bisa digunakan oleh banyak orang. Hampir mirip seperti Snapchat dan Instagram Stories, kamu bisa mengubah status menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Selain membagikan tulisan, dalam fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membagikan gambar atau video ke teman-teman kamu. Lebih lanjut, kamu bisa baca artikel di bawah ini.

BACA JUGA : Jualan LARIS lewat Whatsapp Marketing

 

2. Lebih Aman dengan Fitur Verifikasi Dua Langkah

verifikasi-dua-langkah-whatsapp-1

Inovasi WhatsApp dalam membuat penggunanya nyaman dan aman tak pernah berhenti. Sudah tau belum, fitur two-step verification (verifikasi dua langkah), sudah bisa digunakan pada aplikasi WhatsApp, baik untuk Android maupun iOS.

Verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur yang mengharuskan kamu memasukkan sebuah password/passcode khusus untuk bisa mengakses informasi dari akun tersebut. Buat kamu yang peduli sama privasi, atur sekarang, begini caranya:

Apa itu verifikasi dua langkah? Two-step verification atau verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur yang mengharuskan kamu memasukkan sebuah password/passcode khusus untuk bisa mengakses informasi dari akun tersebut.

whatsapp blast

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

  • Pastikan aplikasi WhatsApp-mu sudah versi terbaru.
  • Masuk ke menu Settings > Account > Two-step verification > Enable.

Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

  • Di sana kamu hanya perlu mengatur 6 digit passcode yang ingin kamu gunakan.
  • Setelah mengaktifkan fitur tersebut, kamu akan diminta memasukan passcode setiap tujuh hari sekali.

3. Mematikan Tanda “Read” Centang Biru

Mematikan-tanda-read-centang-biru

Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan dua centang biru. Bila kamu merasa keberatan lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, kamu bisa mengubahnya.

Caranya masuk ke menu Settings > Accounts > Privacy. Dari situ, gulir ke bawah dan hapus tanda centang di pilihan menu Read Receipts untuk menonaktifkannya.

 

4. Menyembunyikan Status “Last Seen”

Menyembunyikan-status-Last-Seen

Kadang kita nggak ingin membalas pesan dari seseorang, tapi karena WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing, kita jadi nggak enak. Bila hal ini dirasa mengganggu privasi, kamu bisa menyembunyikan status “Last Seen” tersebut.

Caranya, masuk ke menu Settings > Accounts > Privacy. Kemudian pilih menu “Last Seen”, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up. Kamu tinggal memilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut. Beres kan?

 

5. Mengetahui Pesan WhatsApp Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

cara-mengetahui-pesan-whatsapp-dibaca-1

Ada Fitur dan Tips Whatsapp lainnya yang mungkin menarik.

Pernah nggak sih kamu kesulitan menghubungi teman yang menonaktifkan fitur Read Receipts alias centang biru. Belum lagi, fitur “Last Seen” juga dimatikan.

Untuk memastikannya, Jaka punya trik baru nih untuk mengetahui pesan kamu dibaca atau tidak meski centang biru WhatsApp dimatikan. Caranya adalah dengan mengirim rekaman suara.

6. Mode Gelap

Fitur ini sudah digulirkan WhatsApp dalam versi Beta 2.20.13 versi Android. Tidak segala pengguna bisa menikmati mode gelap ini. Fitur yang dinamakan Dark Theme ini bisa dijajal oleh para pengguna dengan mengunduh file APK.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan sistem WhatsApp Settings > Chats > Theme. Kecuali Dark Theme, dalam pengaturan ini WhatsApp memberikan beberapa opsi pengaturan berbeda lain yakni Light Theme, System Default, dan Set By Battery Saver. Dengan mengaktifkan salah satu pengaturan ini, karenanya WhatsApp pengguna akan berubah.

Seandainya Light Theme diaktifkan, karenanya WhatsApp akan berada di mode terang. Ini yakni mode normal WhatsApp yang sudah ditampilkan ke pengguna selama bertahun-tahun.

Sementara dengan mengaktifkan system default, karenanya WhatsApp akan menyesuaikan dengan pengaturan telepon pintar. Sebab, Android dan iOS terupdate sudah menyediakan opsi mode gelap di sistem operasi mereka.

Seandainya pengguna mengaktifkan dark mode di pengaturan telepon pintar, karenanya WhatsApp akan turut mengaktifkan mode gelap di aplikasinya.

Untuk opsi Set by Battery Saver, WhatsApp akan otomatis memilih menampakkan Light Theme atau Dark Theme layak dengan pengaturan battery saver di telepon pintar.

7. Emoji baru versi 13.0

Emoji versi 13.0 yang akan meluncur pada 2020. Emoji terupdate ini menambahkan ikon seperti cheese cake, waffle, es batu, emoji menguap, emoji manusia berdiri, dan lainnya.

WhatsApp memberikan pembaruan kecil dengan memberikan nama pada paket emoji agar pengguna bisa mengenal ragam emoji yang hendak diunduh.

8. Hapus Pesan Otomatis

Fitur ini dikenal tengah dijalankan uji coba di beberapa pengguna. Disappearing Message (hapus pesan otomatis) memungkinkan pengguna menghapus pesan mereka secara otomatis.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan diduga peluncurannya akan memakan waktu yang lama.

9. Transfer Akun

Baru-baru ini WhatsApp memakai fitur baru untuk platform iOS, yang memungkinkan untuk mendaftarkan akun WhatsApp Anda di perangkat iPhone baru tanpa minta kredensial. Hal ini bisa dijalankan sekiranya sekiranya iCloud Keychain diaktifkan.

WhatsApp juga sedang memaksimalkan fitur hal yang demikian di platform Android. Fitur yang dinamakan Account Transfer ini memakai Google API (antarmuka pemrograman aplikasi) yang membikin pengguna bisa memindahkan data WhatsApp dari satu telepon pintar ke telepon pintar lain tanpa membutuhkan registrasi. 

 

Bagaimana teman-teman? Keren kan berbagai Fitur Whatsapp ini?? Demikian sekilas Fitur dan Tips Whatsapp terbaru yang mungkin teman-teman belum ketahui.

Oh ya…untuk anda yang berprofesi sebagai Marketing, Promosi, memiliki OlShop, Toko Online atau berbagai Bisnis lainnya dan ingin memperluas Pasar serta promosinya hingga bisa meledakkan Omset Anda…

Kini telah Hadir sebuah Tools Edan yang mungkin baru pertama kali ada didunia buatan Internet Marketer Indonesia…

Ini lah WBSPro Sebuah Tools Uedan yang bisa meledakkan Omset anda via Whatsapp!

whatsapp blast

Penasaran bagaimana Tools ini bisa bekerja otomatis untuk meledakan Promosi dan Omset Anda? Langsung lihat detil dan Reviewnya dengan klik >> WHATSAPP BLAZTER

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

[rainmaker_form id=”4067″]

2 thoughts on “Fitur dan Tips Whatsapp Terbaru yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.