bisnis travel
bisnis travel

Melek Finansial serta Kuadran Penghasilan

Menurut Robert Kiyosaki, ada 4 kuadran yang harus dipahami dan mungkin menjadi penghasilan seseorang agar kita melek finansial, yaitu:

melek finansial

1. Kuadran Employee,

di dalamnya adalah orang-orang yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan orang lain. Mereka bisa menjadi seorang direktur bahkan office boy di perusahaan itu. Yang terpenting bukanlah yang mereka lakukan, namun perjanjian yang mereka miliki dengan perusahaan itu.

2. Kuadran Self Employee,

orang-orang yang mempunyai usaha sendiri dan masih bekerja di perusahaan/usahanya tersebut. Biasanya mereka mengambil jalur pendidikan yang tinggi agar kelak setelah lulus dapat membuka bisnisnya sendiri. Contohnya seperti dokter, pengacara, jaga toko keluarga, dan lain-lain.

3. Kuadran Business Owner,

adalah orang-orang yang mempunyai bisnis dan bisnis tersebut tetap akan jalan ada atau tanpa adanya si pemilik bisnis, ini di sebut business autopilot. Berbeda dengan kuadran self employee yang tidak suka mendelegasikan pekerjaannya kepada orang lain karena merasa tidak ada yang bisa melakukannya selain dirinya, seorang business owner adalah orang yang mendelegasikan pekerjaannya kepada orang lain. Maka dari itu, business owner sering dan senang mengitari dirinya dengan orang-orang pandai di keempat kuadran.

BACA JUGA : 7 Langkah yang harus dilakukan untuk membangun Bisnis

Loading...

Ada perbedaan antara “S” dan “B” yaitu “S” memiliki pekerjaan sedangkan “B” memiliki sistem dan mendelegasikan sistem itu untuk dikerjakan oleh orang lain. Dengan kata lain “S” adalah sistemnya. Saat “B” pergi selama setahun, bisnisnya masih berjalan saat ia pulang, namun jika “S” pergi selama setahun, kemungkinan besar bisnisnya sudah tidak ada.

4. Kuadran Investor,

adalah orang-orang yang membuat uang dari uang, mengeluarkan uangnya untuk investasi menguntungkan yang dapat mempercepat kekayaan mereka semakin bertambah. Mereka tidak perlu bekerja, karena uang yang bekerja untuk mereka. Investor bisa dari berbagai sektor bidang, seperti properti, bisnis, komoditi, paper asset, dan lain-lain.

Simak Tipe Income anda di halaman berikutnya ;

bisnis travel
Facebook Comments

Leave a Reply

bisnis travel
Keagenan Travel Agent Online