bisnis travel
bisnis travel

Berburu Dollar dengan Menjadi Freelancer Multimedia di Envato Marketplace

Pernah kebayang ga klo kerja bisa sambil SARUNGAN di Rumah… Pernah kebayang ga klo pas tidur pun uang tetap bisa mengalir? Pernah ga sih kebayang klo ada kerjaan yang santai, ga ada deadline, sesuai passion kita, bebas milih apa yg mau dikerjain? Pernah ga bayangin kerjaan yang bisa dilakukan dimana aja, kapan aja, tanpa terikat ruang dan waktu dan menghasilkan ribuan dollar? Ada! ‘pekerjaan’ itu dinamakan Freelance atau Tenaga Lepas!

freelancer

Keuntungan jadi Freelancer :
– Bebas milih kerjaan yang sesuai dengan passion / hobi kita
– Kerja kapan aja, dimana aja, dengan siapa aja
– Dapat uang bahkan ketika kita tidur
– Bebas milih siapa yg jadi bos / klien kita 
– Bisa liburan tiap hari
– Orang berangkat kerja pagi-pagi kita masih bisa tidur nyenyak  😀

Kerugian / kekurangan :
– Tidak punya status sosial di masyarakat (karena kurang pemahaman)
– Dianggap pengangguran (point 1)
– Jam kerja yg tidak tetap menyebabkan makan / tidur / mandi tidak teratur (tetapi dengan manajemen waktu yang baik sepertinya masalah ini dapat diatasi)

Freelancer sederhananya dapat diartikan sebagai pekerja lepas. Artinya adalah seseorang yang bekerja tanpa terikat pada perusahaan manapun. Tenaga / skill nya dibutuhkan ketika pekerjaan tersebut dapat dikerjakan oleh seorang freelancer. Biasanya kategori pekerjaan yang dilakukan freelancer itu spesifik berdasarkan keahlian khusus. Misalnya; Desainer Grafis, penerjemah (translator / interpreter), penulis (ada juga yg dinamakan ghost writer), wartawan lepas (pencari berita / foto / gambar),fotografer dll.

Karena basic saya adalah seorang desainer grafis, saya ingin sedikit berbagi pengalaman menghasilkan uang lewat internet. Karena kebanyakan pekerjaan freelancer itu tidak membutuhkan tatap muka / bertemu langsung dengan klien, bisanya hanya lewat email saja sudah cukup, karena hasil pekerjaan yang berupa digital item. Maka dari itu saya akan membahas bagaimana mencari pekerjaan yang kita inginkan (sesuai keahlian tentunya) melalui internet.

Sebenarnya ada beberapa kategori situs bagi para freelancer desainer grafis, disini saya akan membahasnya satu persatu. 

 

Situs kontes

Situs kontes / festival / sayembara ini sangat saya sarankan menjadi langkah awal bagi para pemula (khususnya bagi para desainer grafis).

bisnis travel

Mengapa? Disini kita bisa banyak belajar tentang memahami sebuah brief dari klien dan memperbanyak portofolio. Brief bisa diartikan sebagai panduan bagi para desainer yang diberikan oleh klien dimana klien mendeskripsikan apa yang menjadi kebutuhannya.

Misalnya dalam brief suatu logo, klien biasanya akan menjelaskan secara rinci tentang profil perusahaannya, kemudian meminta desainer grafis menerjemahkannya ke dalam bentuk logo. Disini skill kita dapat diuji, bagaimana kita dapat memahami apa yang diinginkan oleh klien.

Mulai dari warna, gambar / karakter, font (jenis huruf) yang ingin dijadikan sebuah logo. Keahlian kita dalam software-skill saja tidak lah cukup. Klien membutuhkan imajinasi seorang desainer grafis yang memiliki nilai seni yang tinggi, serta sisi estetika yang kemudian dibangun menjadi sebuah logo yang bernilai mahal.

Pernah denger harga logo Pertamina berapa? Ratusan juta! Pernah denger re-desain logo Garuda Indonesia berapa? Ratusan juta!

 

Disinilah kita bisa banyak belajar memahami sebuah permasalahan sebelum terjun ke dunia freelance yang sebenarnya. Jangan mudah putus asa jika terjadi penolakan-penolakan akan desain yang kita kirim. Karena bisa jadi selera klien belum cocok dengan desain kita, dan siapa tahu dengan klien lain bisa cocok.

Jadikanlah kontes-kontes ini sebagai tempat belajar, jangan terlalu mengharapkan award / hadiah dari desain itu sendiri, sehingga membuat kita kecewa dan putus asa. Santai saja. Nikmati prosesnya.

WaBlaster

Berikut beberapa situs kontes desain :

– 99designs.com (minimal sebuah logo di situs ini dihargai $200, konversi sendiri ke rupiah.. )
– Threadless.com (selain kontes, karya kita bisa dijual menjadi t-shirt dan dibeli dengan harga lumayan tinggi loh)
– Dan masih banyak lagi. (nanti saya update klo udah rame emoticon-Big Grin)

 

Mikrostok / Envato Marketplace

Mikrostok bisa dibilang aset-skill (ini istilah saya sendiri). disini kita bisa menyimpan berbagai macam jenis desain sesuai dengan imajinasi kita sendiri (tentunya yang mempunyai nilai jual). Mengapa saya sebut sebagai aset-skill? Karena dengan hanya men-submit (mengirimkan) satu desain / foto saja, kita dapat mendulang ribuan dollar bahkan ketika kita tertidur.

Jadi begini sistemnya; di mikrostok setiap item / karya kita dibayar sesuai dengan jumlah download dari pembeli. Tidak peduli sampai kapanpun, selama masih ada orang yang mendownload item kita tadi, maka sampai saat itu juga item kita dibayar per download.

Ya, per-download. Jika item kita sudah terjual sekali, kita masih dapat menjualnya berkali-kali, dan license nya masih tetap ada pada si pembuat karya.

Hebat bukan?

Disinilah tantangan kita untuk membuat karya sehebat mungkin sesuai dengan kebutuhan pasar. Hebatnya, di luar sana sebuah karya amat sangat dihargai hak ciptanya, jadi seseorang tidak bisa sembarangan men-download dengan mudahnya lewat google lalu menggunakan untuk keperluan komersil. Di luar sana masih banyak perusahaan yang berani membayar mahal gambar-gambar / karya-karya kita dengan menghormati hak cipta tadi.

Loading...

Apa saja yang bisa dijual di situs mikrostock dan envato?

Banyaaaakk.. bisa berupa logo, template, web-desain, html template, wordpress, fotografi dll. Bahkan bagi para programmer juga bisa loh jual script code seperti css / php / jquery dll.

Envato Marketplace adalah ekosistem yang dibuat oleh Envato dengan menyediakan beberapa marketplace yang berhubungan dengan desain, dimana kita bisa meraup dollar. Tidak Cuma itu mereka juga membuat ekosistem ini berjalan baik dengan menyediakan situs-situs tutorial dalam jaringan TutsPlus (Tuts+) :

 

Envato marketplace dibagi beberapa kategori menjadi :


– GraphicRiver – desain vector, logo, card template, character design dll.
– ThemeForest – html theme, wordpress template dll.
– 3dOcean – 3d graphic design
– ActiveDen – flash template, web template,banner dll.
– AudioJungle – music, sound effect dll.
– CodeCanyon – php script, html, css code dll.
– VideoHive – affter effect template, motion graphic dll.
– PhotoDune – photography stock dll.

Situs tutorialnya :
– Design Graphic
– Photography
– 3D
– Dan masih banyak lagi

Update:
– Hot Logo << lumayan jg komisinya

link-link envato di atas sengaja saya pake short-url. Dan jujur saja saya menambahkan refferal. Jika sekiranya artikel ini bermanfaat maka tolong untuk tidak menghapus refferalnya. Sekiranya menjadi timbal balik bagi saya yang sudah sedikit berbagi pengalaman.

Cuma receh saja ko klo link refferal emoticon-Big Grin. Pendapatan anda ditentukan dari produktifitas anda sendiri dalam membuat desain.

Pada akhirnya semua tergantung skill kita masing-masing. Saya paham betul dengan menulis ini justru persaingan akan semakin ketat, tapi saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Sama-sama berbagi toh?

Untuk dapat menghasilkan Desain, Video, Presentasi dan Berbagai template yang bisa dikerjakan dengan Cepat dan Bisa diedit cuma dengan Power Point, Anda bisa menggunakan berbagai Template karya Anak Indonesia yang telah Mendunia ini;

Levidio 5 Template Video

Dapatkan SekarangAtau Anda juga bisa membuat Template Desain Grafis dan Video untuk Presentasi yang bisa membantu Anda membuat Materi Desain dan Video dengan sangat cepat dan mudah! Simak Video nya disini ;

Dapatkan Sekarang

Oh ya untuk envato marketplace ada group facebooknya juga loh, silahkan bergabung dan bisa langsung bertanya para master di sana :
facebook group

Salah satu bukti nyata nya pernah jadi Hot News di kalangan Internet Marketer & Multimedia Player di Indonesia, mereka main di themeforest. Cuma dua tahun bisa dapet 2 milyar! Klo ga percaya cari aja sendiri di themeforest, id envatonya indonez.

Silakan Komen bila ada Tips Tambahan ataupun pengalaman teman-teman seputar profesi Freelancer…

Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sahabat semua…

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

Facebook Comments

Leave a Reply

bisnis travel
Keagenan Travel Agent Online