Bisnis Travel Agent

Tips agar Toko Online Bisa Bersaing dengan Marketplace

Berbelanja online sepertinya sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian masyarakat sekarang ini. Kaum kekinian yang sudah melek dunia digital senang membeli barang kebutuhannya di toko online maupun marketplace. Gaya hidup jual beli online memberikan peluang emas bagi para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya secara online. Website toko online terus banyak bermunculan, begitu pula dengan marketplace yang kian meramaikan bisnis online.

toko-online

Saat ini ada banyak marketplace yang populer di Indonesia seperti: Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Blibli, Lazada dan lain-lain. Bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis toko online, tahukah Anda bagaimana caranya agar dapat bersaing dengan marketplace? Apakah Anda yakin website toko online Anda mampu bersaing dengan marketplace tersebut?

Berikut simak 6 cara agar toko online tidak kalah bersaing dengan marketplace :

 

1. Mengelola secara professional

Buatlah toko online yang punya karakteristik kuat dan berbeda, punya ekslusvitas dan punya keunikan. Hindari menjual produk yang pasaran agar Anda terhindar dari resiko perang harga dengan marketplace, karena produk yang Anda jual adalah produk yang sama yang dijual oleh kompetitor. Sebaliknya jual produk dengan brand sendiri dan terbatas, sehingga terkesan ekslusif dan punya pangsa pasar sendiri

 

2. Manfaatkan fitur SEO

Lakukan optimalisasi Search Engine Optimization (SEO) yang baik, sehingga website dan konten di dalamnya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari web seperti Google. Semakin tinggi traffic atau pengunjung toko online Anda, akan semakin bagus. Dengan demikian, toko online Anda semakin banyak yang akses dan dikenal.

 

3. Perhatikan Kualitas Konten

Perhatikan kualitas konten toko online Anda, seperti unggahan foto produk. Jika gambarnya jelek, maka pelanggan akan ragu meski produknya bagus. Perhatikan juga detail deskripsi barang yang dijual. Semakin lengkap penjelasan tentang produk akan memberikan pelanggan informasi yang jelas dan bisa meyakinkannya.

 

4. Bangun Kepercayaan

Loading...

Pengunjung toko online yang belum pernah belanja di tempat Anda bisa jadi ragu untuk membeli, mungkin mereka khawatir toko online Anda itu abal-abal. Untuk itu, Anda harus bisa membangun kepercayaan. Contohnya, dengan menggunakan nama domain pribadi dan melengkapi kontak yang jelas seperti nomor ponsel, alamat email, alamat toko offline jika ada. Selain itu, usahakan untuk responsif dan ramah, sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa nyaman berbelanja di toko online Anda. Anda juga bisa membangun hubungan dengan pelanggan melalui akun media sosial. Rajinlah memposting dan perhatikan kontennya agar menarik minat netizenuntuk mengikuti akun Anda dan membeli produk Anda.

 

5. Berikan Promosi Diskon

Sebagai pemilik, Anda punya kontrol penuh terhadap toko online Anda sendiri. Sesekali berikan promosi diskon untuk menarik minat pelanggan kapan pun Anda mau. Tentunya, pelanggan pasti akan senang jika diberikan potongan harga.

 

6. Berikan Penawaran Spesial

Tidak hanya diskon, Anda juga bisa memberikan penawaran spesial lainnya untuk menarik pelanggan. Misalnya, promo gratis ongkos kirim bagi pembeli yang sekota, promo beli dua gratis satu. Tentunya, pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan perhitungan dengan benar agar tidak malah merugikan Anda.

Pengen punya Toko Online dengan kualitas Premium? Silakan langsung dapatkan Toko Online Whatsapp dengan klik Gambar :

Toko-Online-Whatsapp

 

Untuk membeli DOmain dan Hostingnya anda bisa langsung simak berbagai Paketnya Disini.

dewaweb-728x90

Facebook Comments

Leave a Reply

Keagenan Travel Agent Online