Tanya Jawab Instagram

mmbc express

Tanya Jawab Instagram

Haaai.. sahabat Innetzone… Buat kamu pemakai Instagram, dan masih banyak pertanyaan serta keingin tahuan seputar Instagram, simak deh rangkuman tanya jawab instagram yang sering ditanyakan seputar Instagram ini.

Q & A atau tanya jawab ini dirangkum dari hasil tanya jawab di Grup Niko Julius yang memiliki Grup Mentoring Instagram dan anda bisa join dengan KLIK DISINI.

Berikut ini beberapa tanya jawab seputar instagram yang mungkin akan membuka mindset dan wawasan tentang Instagram….

QA 1. Hindari ini agar instagram kamu tidak di banned

Kebayang gak sih… Susah susah bangun akun instagram, Followers sudah puluhan ribu bahkan ratusan ribu.. Tapi selepas itu akunnya di banned oleh instagram. Hal ini terjadi pada beberapa sahabat… 
Alasannya? 

Karena melanggar Copyright brand tertentu di Instagram. 
Apakah kamu juga sudah tau bahwa instagram mulai ketat dengan hal ini? Apalagi Copyright dari brand brand besar yang sudah meminta instagram untuk membanned akun akun yang menjual barang mereka namun bukan barang ori. Ini memang sering terjadi kepada ol shop yang menjual barang KW untuk brand brand tertentu. Tidak hanya kamu menjual barang KW saja lo.. Jika kamu menggunakan unsur SARA dalam akun instagram kamu, kamu juga bisa kena banned permanen dari instagram. 

Sebaiknya anda, juga lebih berhati hati dengan hal ini ya.. 

Jangan sampai sudah susah susah membangun akun instagram, tapi akunnya nanti hilang / di banned. Semoga bermanfaat ya..

Q&A 2. Idealnya posting Feed dan Story berapa kali sehari ya?

Kemarin ada yang bertanya kepada kami.. 
” Idealnya posting Feed dan Story berapa kali sehari ya? “ 
Kalau kamu sendiri apakah pernah bertanya tentang ini? 
Kalau menurut kami, idealnya untuk posting feed di Instagram itu maksimal 4x / hari dan di jedah jedah posting nya 4-5 jam sekali. 
Dan untuk Story instagram 5-11 Story dan di jedah 1-2 jam sekali. 

Kenapa? Mari kita bahas… 
Untuk algoritma Feed di Instagram itu berupa Ranked Feed.. Jadi pastikan konten yang kamu berikan itu memberikan high value kepada audiens kamu.. Sekarang coba kamu bayangkan, kamu sudah posting banyak konten, tapi karena rendah interaksi jadi tidak bisa menjangkau audiens kamu, sama saja sia sia bukan? Sementara di story instagram itu mempunyai algoritma Chronological Feed. 

Dimana postingan kamu akan di munculkan di depan audiens berdasarkan waktu kamu posting.. Kalau dulu memang feed di Instagram juga bersifat Chronological Feed, sehingga kamu sering posting itu juga bagus.. Namun sekarang sudah berubah loo.. 

Jadi sebaiknya kamu posting sesuatu yang high value ya..

Q&A 3. Uang dari Instagram

Coba anda Renungkan… Akhir akhir ini kok kayaknya tidak bisa lepas dari sosial media ya… Antara buka Whatsapp, Facebook, Instagram dan yang lagi ramai ramainya Tiktok.. Kebayang ngak kalau waktu yang kamu gunakan di Sosial media itu berapa lama? Ngak ada salahnya kok bermain sosial media… Saya juga suka dan mencari hiburan di sana.. Tapi… Pernah kepikiran kalau kamu selain bisa mencari hiburan, kamu bisa menghasilkan Uang dari sana? 
Mungkin beberapa dari kamu pernah mengalaminya juga… Sudah mencoba jualan di Instagram tapi kok masih sepi juga… Padahal sudah posting tiap hari bukan? Sama, Saya juga awalnya merasakan seperti itu… Sampai saya paham cara jualan Online langsung ” LARIS ” dan mendapatkan “Uang “itu gimana.. Caranya ada 2… 

1. Kamu sudah punya KOLAM sendiri.

2. Kamu pinjam KOLAM orang lain. 

Coba bayangkan kalau kamu sudah punya Followers yang merupakan audiens kamu… Dan mereka sudah siap kamu jualin, bukankah kamu tidak perlu susah susah untuk mencari pembeli lagi? Sama juga dengan kamu pinjam Kolam orang lain, Bisa berupa Paid promote / Endorse, memang cara nomor 2 ini kamu perlu menggunakan biaya untuk Marketing produk / jasa kamu. Kabar baiknya, kamu bisa mulai membangun KOLAM kamu sendiri di Kelas Instagram Organik lo..  

Ya, semua di ajarkan secara Organik di sana, tanpa perlu mengeluarkan biaya marketing lagi.. 

Kerennya lagi, semua Materi di Bongkar oleh Niko Julius, dan dapat di Akses Life time. Plus, ada Komunitas yang bisa diskusi dengan 10.000+ member, dan Kelas Rutin mingguan. Bayangkan kalau kamu mendapatkan semua akses ini.. Bukankah Kamu akan lebih cepat mengembangkan Instagram..

Q&A 4. Cara meningkatan Followers

Apakah kamu merasa bahhwa pertanyaan ini akan selalu ada di instagram… ” Bagaimana cara punya followers banyak, bagaimana cara meningkatkan followers, dan lain lain “Memang hal yang wajar kok, ketika kamu melihat orang lain punya followers banyak… 

Apalagi pertumbuhan followers nya begitu cepat di Instagram.. Dan mungkin kamu juga berfikir, bagaimana ya caranya? apa ada teknik khusus? apakah ada cara tertentu agar algoritma mendukung kita? Jawabannya ada..

Ada 2 cara untuk mendapatkan banyak followers.. 

1. Konsistensi posting di Instagram.
2. Berikan konten yang bermanfaat. 

Iya cuman 2 ini saja kok.. Sekarang coba kamu berfikir kembali, apa alasan kamu untuk follow seseorang? Karena kontennya bukan? entah itu lucu, orang nya cantik / ganteng, kontennya edukatif, penuh informasi dll. 

Jadi bagaimana cara mendapatkan banyak followers?
buatlah konten dan berikan alasan untuk mereka harus follow kamu. 

Kalau ada yang kamu bingungkan, silakan komen di kolom komentar ya… 

download gratis

Q&A 5. Hashtag menjamin followers?

Apakah kamu masih bingung dengan hashtag? Tenang, kamu tidak perlu bingung lagi dengan hashtag… Apalagi saya sering melihat pertanyaan orang tentang instagram itu selalu 

” bagaimana mencari winning hashtag, bagaimana mencari hashtag yang terbaik, sehingga mendapatkan banyak followers “ 

Memang betul, salah satu sumber impressi itu dari hashtag.. Tapi tidak semuanya bukan? 

Ada share / others, ada explore, ada home juga, hashtag itu hanya sebagian kecil kok. Sekarang kita kembali ke topik utama ya, apa hashtag menjamin followers? Jawabannya ” tidak “. 

Hashtag itu menjamin impressi bukan followers..

Yang menjamin followers adalah : 
1. Apakah konten kamu sudah bermanfaat dan menarik untuk mereka mau follow?
2. Apa profile instagram kamu sudah di optimasi? baik dari Bio nya, username, nama ig, feed nya, highlight nya, itu yang menjamin mereka mau follow. 

Jadi sebaiknya anda juga tidak mudah percaya dengan mitos mitos di luaran sana ya… 

Kabar baiknya, kamu tidak perlu meng analisa lagi, kamu bisa langsung belajar dari Kelas Instagram Organik ini, tanpa perlu bingung mitos mitos yang lain.

Q&A 6. Beli Followers boleh gak sih ?

Banyak orang yang mengembangkan Instagram selalu terpacu dengan hal seperti ini…” Apakah saya harus beli Followers dulu ?

Menurut kami pribadi, kita kembalikan ke Tujuan dan Konteks beli Followers..
Kalau Tujuannya untuk terlihat akunnya bisa di Percaya, saran Saya Jangan !” Kenapa ? “ Karena User di Instagram sekarang juga sudah semakin ” jeli “ kok…Mereka tau mana yang Akun Followers nya beli / tidak Beli. 

Contoh nya seperti ini, Misal Followers anda 100k, Tapi yang Like cuman 10 / 20 orang saja…Bukankah ini terlihat aneh? 

Memang Like juga kembali ke Kualitas Konten kita..Namun dengan Algoritma Instagram sekarang yang berdasarkan Ranked Feed, interaksi yang rendah seperti ini tidak membuat Instagram kita kemana mana…

Apalagi dengan membeli Followers, dimana mereka sendiri adalah BOT yang sebenarnya tidak aktif, dan tidak bisa berkontribusi di Instagram kita..Maka dari itu, saran saya sebaiknya kamu juga tidak membeli Followers …Lebih baik kita kembangkan Instagram secara benar. Dan membangun Audiens yang benar benar Follow kita karena Konten konten yang kita berikan Sehingga nanti ketika Kamu mau Jualan, mereka juga sudah siap untuk membeli..

Q&A 7. Follow Unfollow apakah masih efektif ?

Apakah kamu sering denger metode Follow Unfollow di Instagram ? Kalau kamu belum tau, metode ini seperti kamu Follow orang lain, lalu mereka Follow back kamu, tidak lama kemudian kamu Unfollow mereka..

Atau jangan jangan Kamu juga pernah melakukkannya sampai sekarang ? hehe.Tenang itu bukan sesuatu yang salah kok, banyak pengguna Instagram. Biasanya si Online Shop, juga melakukkanya..

Tapi masalahnya, Instagram itu selalu bertumbuh dan memperbaiki Systemnya..Dan karena cara ini sekarang juga dianggap Spam, apalagi setelah Instagram mengubah Algoritma.. 

Yang dulunya : Chronologica Feed( Postingan kamu di tunjukkan ke Followers berdasarkan jam Posting ) Menjadi… Ranked Feed ( Postingan kamu di tunjukkan ke lebih banyak Followers mu berdasarkan Interaksi yang terjadi di Postingan kamu )

Jadi menurut Saya cara ini uda ga efektif lagi.. Dan, daripada Kamu melakukkan Follow Unfollow, menurut saya ada baiknya membuat konten aja dan mengembangkan Instagram yang mempunyai Real Fans.. 

Tapi pertanyaannya, adakah satu tempat belajar mengembangkan Instagram secara Benar dan Organik ? 

Q&A 8. Mitos tentang Carousel yang wajib kamu tau

Sudah tau apa itu Carousel / Microblog di Instagram? Carousel / Microblog itu 1 postingan di Instagram yang bisa di geser ke kanan dan kiri, biasanya terdiri dari 8 – 10 gambar..

Oke sampai sini paham ya? Tau ngak kamu, kenapa sekarang lagi ramai ramainya orang orang di Instagram membuat Carousel

Karena banyak yang bilang, ” Instagram lagi suka suka nya dengan Carousel, Carousel itu tinggi Engagement / Interaksi, Carousel itu gampang masuk explore, dan banyak hal hal yang lain ” 

Apakah hal itu benar? itu yang saya namakan Mitos tentang Carousel.. Apakah carousel pasti tinggi engagement daripada konten yang lain? Jawabannya ” TIDAK “. 

Kenapa? karena tergantung Niche, Tipe Audiens dan isi Kontennya.. 

Coba sekarang Agung bayangkan.. Konten tentang kuliner, lalu di ubah menjadi Carousel, apakah tidak terasa aneh? Yang biasanya kamu melihat video kuliner, kamu bisa membayangkan enaknya ayam goreng, gurih, manis, lalu di jadikan carousel yang mereka harus geser ke kanan dan kiri… Apa respon kamu? tidak akan merasa relevan bukan? 

Jadi jangan terjebak dengan Mitos Carousel.. Memang tidak semua Niche itu bisa kamu gunakan Carousel, sesuaikan dahulu dengan Audiens nya ya. 

Q&A 9. Rekomendasi tools analitik Instagram

Sekarang kita tau sendiri bahwa data di Instagram itu sangat penting… Karena sesuatu yang tidak bisa kita ukur, tidak bisa kita tingkatkan bukan? Mungkin sekarang yang menjadi kegelisahan kamu, apakah ada aplikasi / tools rekomendasi analitik di instagram? apalagi yang gratis? Jawabannya ada. Yang pertama adalah IG Blade.

tanya jawab instagram

Ya, ini adalah tools GRATIS yang di gunakan kami juga dalam menganalisa instagram nya. Kamu bisa melihat pertumbuhan akun setiap harinya, seperti,  Engagement Rate, Pertambahan followers, dan hal hal yang lain.. Tools ini juga ada versi berbayar, jika kamu mau. 

Dan aplikasi ke 2 untuk analitik di instagram adalah. Instagram Insight kamu sendiri.

Instagram insight itu menurut saya juga lebih dari cukup kok, apalagi itu merupakan data langsung dari instagram. Kamu bisa melihat berapa jumlah yang follow, berapa reach akun kamu, di jam berapa followers kamu aktif, dan itu lebih dari cukup lo. 

Jadi sebaiknya kamu tidak perlu membingungkan lagi tentang tools / aplikasi berbayar lainnya.. Fokus saja mengembangkan akun instagram kamu.. Kamu juga bisa belajar tentang mengembangkan instagram secara organik .

Q&A 10. Kenapa ga ada yang Follow ya? Padahal Reach uda banyak…

Apakah kamu pernah mengalamin hal serupa?Reach sudah banyak, Impressi dari Hashtag sudah banyak, tapi kenapa ga ada yang Follow ?Hal serupa juga di alami temen temen lain ..
Perlu Kamu ketahui dahulu Alur kerjanya sebelum orang mau Follow kamu dan apa yang harus kamu Optimalkan.

Alurnya adalah, Reach > Profile Visit > Follow dan setiap alur ini ada banyak hal yang bisa kamu optimasi.

  • Kamu perhatikan dahulu, ketika kamu belum mendapatkan Reach yang bagus, yang perlu Kamu Optimalkan adalah Hashtag / Strategi 502.
  • Ketika Kamu sudah mendapatkan Reach coba {contactfield=firstname} perhatikan yang Profile Visit berapa. Kalau Profile Visit nya rendah, artinya konten Kamu mungkin Konten Jualan / Tidak relevan bagi mereka..
  • Kalau Reach bagus, Profile Visit juga bagus tapi ga ada yang Follow, artinya Bio, Desain Feed, Highlight yang mungkin kurang rapi atau kurang banyak Konten yang Relevan dengan mereka..

Nah demikian 10 Q&A atau tanya jawab instagram di artikel kali ini… Insya allah kami akan sharing lagi 10 atau lebih tanya jawab berikutnya yang semoga bisa menjawab berbagai pertanyaan yang sama dari sahabat semu seputar Instagram!

Untuk yang ingin belajar secara serius bagaimana membangun Akun Publik yang bisa dan mendapatkan Ratusan RIbu Follower bisa langsung join Mentoring Akun Publik Instagram dengan Join Klik Disini

Semoga bermanfaat….

About Auther:

Life is Never Flate!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.