bisnis travel

Ini Dia Cara Targeting Facebook Ads Yang Tepat dan Lengkap

Ini dia Cara Targeting Facebook Ads

Diantara teman-teman yang baru belajar menggunakan Facebook ads mungkin mungkin ini adalah salah satu pertanyaan  yang sering ditanyakan….

 “Bagaimana sih  cara targeting dan mengetahui interest yang tersembunyi, dan targeting Facebook ads yang mungkin gak pernah kita pikirkan sebelumnya?”

Mungkin caranya dengan mengandalkan kreativitas kita masing – masing?

Membayangkan apa aja sih kira – kira yang audience kita suka?

Hmm… mungkin berhasil kalau kita udah punya buyer persona yang teruji sebelumnya.

Artinya kita udah melakukan riset terlebih dulu siapa sih audience kita sebenarnya.

Buku apa yang mereka suka, tokoh siapa yang mereka idolakan, lagu apa yang mereka putar setiap hari, bahkan data – data umum lainnya dalam buyer persona.

Tapi kalau buyer persona kita masih belum teruji secara ampuh gimana?

Ya berhenti menebak – nebak apa interest audience kita, dan lakukan riset dan pengumpulan data secara pasti.

Maka dalam artikel ini …
Kami tidak hanya akan membahas bagaimana mencari interest audience aja, tapi juga bagaimana caranya targeting Facebook ads secara ampuh.

bisnis travel agent

Daripada Anda akhirnya beriklan tidak Efektif dan Akhirnya membuang-buang uang secara percuma,

Hemat pengeluaran Anda, duduk rileks, baca artikel ini sampai habis, praktekkan, masalah selesai.

Kalau setelah membaca mungkin ada yang bingung atau ada yang mau ditanyakan, silahkan menghubungi saya melalui grup Belajar Telegram,

disini >> http://bit.ly/TeleGrupBIM

 

Cara mengetahui interest audience dengan tepat:

#1. Gunakan Tools Pencari Facebook Search Graph
Fitur Facebook ini masih sering diabaikan oleh sebagian besar pebisnis online, atau mungkin juga para digital marketer masih ada yang melupakannya?

whatsapp install

Sederhananya, kita memanfaatkan kolom pencarian yang ada di Facebook untuk melihat hal apa aja sih yang audience kita suka.

Ini adalah contoh yang saya praktekkan secara langsung untuk fanspage Lazada di Facebook.

post_liked_by_people_who_liked_lazada_-_Facebook_Search

Disitu anda harus menulis, “Post liked by people who liked Lazada”.

Artinya jika anda ingin mengetahui post apa aja yang disukai oleh penggemar fanspage-nya Lazada di Facebook.

Objek ‘post’ bisa diubah menjadi objek lainnya seperti interests, pages, ataupun groups.

Gak cuma itu friendssss…

Kita masih bisa mencari dengan lebih detail dengan menggabungkan beberapa kombinasi.

Misalnya seperti ini, ketika kita mau mengetahui pages apa lagi sih yang disukai oleh penggemarnya Lazada dan Tokopedia.

Page-Liked-Tokopedia-Lazaada

Lanjut, kita masih bisa menambahkan kualifikasi lainnya agar lebih targeted.

Bila kita ingin mengetahui pages mana yang disukai oleh penggemarnya Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak, yang berusia dibawah 30 tahun.

Anda harus menulis, “Pages liked by people who liked Tokopedia Bukalapak and Lazada and younger than 30”.

Maka bisa diliat page seperti SID dan Lee Minho mulai muncul, yang mungkin sebagian besar fansnya adalah kalangan pemuda di bawah 30 tahun.

Kualifikasi lainnya juga bisa ditambahkan seperti profesi atau jenis kelamin.

Dan kita juga bisa mencari apa yang disukai oleh penggemarnya para pesaing dengan menulis fanspage pesaing tersebut.

 

#2. Audience insight
Gak hanya bisa digunakan untuk keperluan advertising, dengan audience insight kita bisa melakukan lebih dalam urusan analisis pasar.

Cara menggunakannya gimana Om?

Untuk analisis pesaing, lu tinggal masukkan nama brand yang ingin dianalisis. Usahakan agar brand tersebut memiliki lebih dari 1000 penggemar di Facebook biar bisa kita analisis.

Sebagai contoh saya menganalisa fanspage Jilbab Gading, lalu masukan pada bagian interest.

Bisa dilihat dari segi demografi, fanspage tersebut memiliki pengikut sebesar 71% perempuan, sedangkan 30% laki – laki.

Dari rentang usia pun bisa dianalisis.

Lalu setelah gua mengeliminasi jenis kelamin laki – laki dan fokus di usia 18 – 34, kita bisa liat bahwa penggemar Jilbab Gading di dominasi oleh mereka yang berprofesi sebagai suster.

Dari lokasi dari audience tersebut …

Bahkan device yang digunakan mereka untuk mengakses fanspage ini.

Sedangkan untuk mencari dan mengumpulkan interest menggunakan audience insight gak mungkin saya tulis dalam 1 artikel ini karena prosesnya lumayan panjang.

Mungkin akan saya bahas dalam artikel selanjutnya…

Untuk meningkatkan Performa Iklan Anda dan menemukan berbagai materi copy writing, mengintip kompetitor, mencari postingan atau video viral, serta mencari orang dan targeting yang tepat secara mudah, ada sebuah tools dahsyat yang telah digunakan lebih dari 14.000 Internet Marketer dunia yang akan Meningkatkan Konversi Iklan FB Anda!

Simak detilnya dengan KLIK GAMBAR;

Cara Targeting The Graph

 

 

#3. Audience intersect
Kali ini kita memainkan interest audience lebih dalam lagi.

Tujuan dari audience intersect adalah agar kita mendapatkan audience yang benar – benar ingin dituju.

Saat ini untuk menggunakan audience intersect hanya bisa diakses melalui Power Editor.

Setelah itu, edit di bagian Ads Set, lalu kita mulai memainkan bagian detailed targetingnya.

Kalau pada targeting biasanya, saat kita memasukan lebih dari 1 interest itu artinya kita menargetkan orang yang menyukai variabel A ATAU variabel B.

Contohnya seperti pada gambar ini.

Saya menargetkan orang – orang yang menyukai OPPO ATAU Xiaomi dengan perolehan potential reach 4.9 juta audience.

Ini artinya Facebook menggabungkan audience yang menyukai OPPO (1.3 juta), maupun audience yang menyukai Xiaomi (3.6 juta).

Sedangkan dalam audience intersect terdapat 2 pilihan yakni Narrow Audience dan Exclude People.

Contoh berikutnya kita akan memangkas jumlah audience agar lebih tertarget dengan menggunakan narrow audience.

 

Artinya kita hanya menargetkan orang – orang yang menyukai OPPO DAN Xiaomi.

Liat perbedaan antara ‘ATAU’ dengan ‘DAN’.

Kita gak mau menargetkan orang yang hanya suka OPPO, atau hanya suka Xiaomi. Tapi kita mau orang – orang yang suka keduanya.

Maka potential reachnya pun berkurang drastis menjadi 230 ribu audiences.

Lalu jika kita masih mau menambah variabel lain agar lebih targeted, maka gunakan narrow audiences.

Loading...

Pada gambar ini saya menargetkan orang – orang yang menyukai 3 brand sekaligus (OPPO, Xiaomi dan Huawei).

Bisa diliat kalau potential reachnya semakin berkurang menjadi 120 ribu audiences.

Terakhir, gua mau menargetkan orang – orang yang suka ketiga brand tersebut, tapi gak suka dengan brand Samsung.

Maka gunakan exclude people dan hasilnya seperti ini.

Potential reachnya menjadi turun drastis ke 1700 orang.

 

Memanfaatkan custom audience

Cara lain untuk menargetkan audience secara tepat adalah dengan memanfaatkan custom audience.

#1. Seluruh pengunjung website
Saya merekomendasikan untuk menargetkan seluruh pengunjung website untuk membuat konten yang berhubungan dengan brand lu secara menyeluruh (kurang spesifik pada produk tertentu).

Durasi 30 hari bisa diatur sesuai kebutuhan masing – masing.

 

#2. Halaman website tertentu
Target audience ini adalah orang – orang yang pernah berkunjung ke 1 halaman website tertentu.

Misalnya custom audience ini adalah orang – orang yang pernah berkunjung ke website untuk melihat artikel cara membuat brand terkenal.

Mungkin Anda yang membaca artikel tersebut mau agar brand Anda menjadi terkenal.

Maka kita bisa menggunakan data ini untuk memberitahu audience tentang artikel selanjutnya mengenai cara membuat brand terkenal lewat iklan Facebook.

 

#3. URL tertentu
Kalau pada metode sebelumnya kita menggunakan data dari 1 halaman tertentu (meski bisa lebih tapi harus di input satu per satu).

Dengan metode ini kita menggunakan ‘URL contains’ yang artinya kita mau mengambil data audience yang pernah berkunjung pada halaman yang mengandung url tertentu.

Biasanya kategori dalam suatu website.

Sebagai contoh saya ingin menargetkan iklan kepada orang – orang yang pernah mengunjungi link ini :

Ketika saya memasukan url ‘nusa7travel.com’, maka pembaca yang pernah mengunjungi halaman lain yang mengandung url tersebut akan ikut terdata.

 

#4. Gunakan data yang sudah ada
Apakah anda memiliki email dari semua pelanggan yang udah pernah berbelanja? Beserta nama lengkap? Usia? Atau data lainnya?

Gunakan fitur ini untuk menargetkan mereka semua!

Saat artikel ini ditulis, Facebook memberikan 15 identifier yang bisa digunakan, termasuk email, nomor telepon, dan ID Facebook.

 

Fitur Connection

Beralih dari custom audiences, sekarang kita main di editing ads set lagi.

Kali ini cukup sederhana yakni memanfaatkan ‘connection’ agar lebih tertarget.

Pada gambar itu gua mau menargetkan orang – orang yang belum menyukai fanspage Nusa7 Travel di Facebook.

Bisa juga mengubah ‘exclude’ menjadi pilihan yang lain, misalnya menargetkan hanya kepada fans anda aja, atau bahkan teman dari fans Anda saat ini.

 

Memanfaatkan acara tertentu

Ambil peluang Anda dengan memanfaatkan momen – momen tertentu dari audience, seperti mereka yang akan merayakan ulang tahun pernikahan, perantau yang jauh dari kampung halaman, baru jadian, LDR-an, dan sebagainya.

Atau juga menargetkan audience yang temennya bakal merayakan sesuatu seperti ulang tahun. Anda bisa membuat konten iklan yang mengingatkan mereka untuk membeli kado.

 

Behavior

#1. Gamers
Audience yang main games di Facebook juga bisa kita target loh.

Opsi ini ada di dalam behavior, atau ketik aja game di kolom detailed targeting.

 

#2. Page admin
Apakah lu menjual produk atau jasa yang sangat cocok buat audience yang mengelola suatu page di Facebook?

Seperti jasa yang bisa meningkatkan pertumbuhan page mereka?

Targetkan melalui behavior Facebook Page Admins.

 

#3. Sistem operasi mobile
Hal terakhir yang gak boleh dilewatin adalah dengan menargetkan audience berdasarkan sistem operasi mobile yang mereka gunakan.

Misalnya Anda menjual perlengkapan iPhone, targetin aja pakai behavior ini!

 

Beberapa kesimpulan dalam targeting audience untuk Facebook advertising adalah :
# Tetap menjaga jangkauannya tidak terlalu luas, juga tidak terlalu kecil.

# Lakukan split testing untuk setiap interest atau kategori tertentu.

# Jika dalam waktu 3 hari (bisa disesuaikan) hasil campaign tidak menunjukan hasil yang optimal, maka bisa dibilang campaign tersebut perlu dibuang atau diganti dengan campaign lainnya.

 

Bagaimana teman-teman?? Sudah mulai Mual-mual melihat bagaimana panjangnya Targeting di Facebook Ads??  Hehehe..Ga usah dipikirin, dipraktekkan saja!!

Bila masih Pusing….

anda bisa menggunakan Tools Otomatis untuk Menganalisis Targeting dan Interest Iklan anda denan hanya 1 Klik dengan Tools Dahsyat buatan anak Indonesia ini;  Klik Gambar dibawah untuk menyimak Video Lengkapnya;

Zillatics

 

Semua kepusingan dan kemualan anda akan hilang terbayar dari Hasil FB Ads dan ROI yang berlipat Ganda bila anda melakukan penargetan yang tepat dan efisien!

Silakan komen ataupun bertanya di kolom komentar…..

Share bila anda rasa bermanfaat…

 

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

Facebook Comments

3 thoughts on “Ini Dia Cara Targeting Facebook Ads Yang Tepat dan Lengkap

Leave a Reply

Keagenan Travel Agent Online