bisnis travel

INI DIA CARA RISET PASAR & PRODUK LARIS UNTUK BISNIS ONLINE ANDA…

Kali ini kami akan berbagi mengenai Cara Riset pasar dan Produk Laris untuk Bisnis Online Anda…
Beberapa waktu yang lalu kami pernah membahas mengapa penting memiliki Toko Online…

Pembahasan kita masih seputar Toko Online…

 

Sudah memiliki toko onlinenya masing2?

Hari gini belum memiliki Toko Online?? Kebangetan!! Bila Anda belum memiliki Toko Online sendiri, tidak usaha Kuatir, dalam waktu dekat Anda akan bisa memiliki Toko Online sendiri yang bisa anda buat di Platform FACEBOOK!! Yes ini satu-satunya dan pertama Kali di Dunia, Anda bisa memiliki Toko Online Powerful dan Lengkap yang bisa berjalan di Facebook Messenger…

Silakan Anda simak Previewnya dengan KLIK Β GAMBAR

Storabot Toko Online Facebook

 

 

Untuk Anda yang sudah memiliki Toko Online, mohon share di kolom komentar ya nama dan link toko onlinenya masing2…

 

Banyak mastah/suhu internet marketing (IM) yang bilang bahwa riset pasar itu penting banget kalo kita mau terjun ke bisnis online, misalnya mau buka toko online. Dulu saya juga ga ngerti apa itu riset pasar online (Riset Marketing), tapi setelah belajar dan terus belajar, baik itu lewat training atau ebooknya, saya jadi paham apa itu riset pemasaran. Dan juga jadi ngerti kenapa harus melakukan marketing riset. Dan yang lebih penting lagi, jadi tau bagaimana cara melakukan riset pasar online.

Langkah2 ni penting buat Anda semua yang punya keinginan untuk terjun di bisnis online dengan berjualan di internet, tapi belom tau seperti apa langkah-langkah riset pemasaran online yang praktis dan mudah dipahami.

Nah, kali ini saya akan share sedikir Teknik riset pasar online menggunakan cara yang pertama,yaitu :

 

Riset Keyword.

Apaan Sih Riset Pasar Online Itu?
menurut pemahaman awam, riset pasar online itu sederhananya mah ada di 2 pertanyaan ini:
Apakah produk yang nanti kita jual itu ada yang nyari di internet?

WaBlaster

Kalo memang ada, siapa dan berapa banyak yang nyarinya?
Jadi intinya mah riset pasar online itu untuk mencari tau berapa besar kira-kira potensi keuntungannya kalo kita jualan suatu produk secara online.

 

Siapa Ajah Yg Harus Melakukan Riset Pasar?
Usaha yang udah maju biasanya punya konsultan khusus untuk ngeriset pasar. Yaa.. kalo engga pake konsultan juga minimal mereka punya tim khusus di dalam perusahaan yang dikasih kerjaan ngeriset pasar.
Tapi riset pasar itu ga cuman untuk usaha yang udah maju aja. Ceuk Mang Ujang mah usaha kecil-kecilan juga harus pake riset pasar dulu. Bahkan, ceuk kasarnya mah, mau jualan upil sekalipun, harus riset pasar dulu, jangan-jangan peminatnya banyak, kan peluang emas tuh..harta karun di hidung sendiri πŸ˜€ !
Jadi, siapapun dan apapun bisnisnya, sebaiknya sih ngelakuin riset pasar dulu.

 

Kenapa Harus Pake Riset Pasar Segala?
Alasan penting kenapa harus riset pasar yaitu :
Biar nanti kalo untung, hasilnya bisa lebih dimaksimalkan
Biar nanti kalo rugi, resikonya bisa lebih diminimalkan
Itu aja udah.. πŸ™‚

 

Dimana Tempat Untuk Riset Pasar Online?

Banyak tempat yang bisa kita amati & pelajari datanya untuk bahan riset pasar. Bisa pake data yang ada di Sosial Media kaya Facebook, Twitter, Youtube, dll.. Bisa juga pake data yang ada di Forum & Online Marketplace kaya OLX, Tokopedia, Kaskus, dll. Atau bisa juga pake data yang ada di Mesin Pencarian (search engine) kaya Google, Yahoo, Bing, dll. Intinya, dimana ada tempat orang lalu-lalang, disitulah tempat riset & jualan. Itu ilmu praktis dari mang tukang gorengan pinggir jalan πŸ™‚

Saya biasanya lebih sering ngeriset pasar online pake datanya Mbah Gugel. Kadang pake Facebook juga. Kalo masih ngerasa kurang juga, suka iseng ngintip di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak…! Soalnya orang-orang di Indonesia banyak yang lalu-lalang di tiga tempat itu.

 

Kapan Bagusnya Melakukan Riset Pasar?
Mungkin ada yang nanya, riset pasar itu sebelom mulai usaha atau setelahnya? Atau bisa dilakukan sambil jalan?

Itu bisa kapan ajah. Emang sih bagusnya sebelom mulai usaha, tapi kalo sahabat baru tau pentingnya riset pasar setelah usahanya jalan, ya usahanya ga perlu berhenti dulu trus usahanya di-restart lagi.. emang komputer πŸ˜€ ! Sok weh riset sambil usaha berjalan.

Lagian kan perilaku konsumen ga selamanya tetap di satu kondisi, ada kalanya berubah, ngikutin perkembangan jaman. Jadi intinya, data risetnya harus selalu β€œdiupdate” secara berkala πŸ™‚

Loading...

 

Gimana Cara Riset Pasar Online?

Nah sahabat semua, mungkin ini yang dari tadi ditunggu-tunggu ya?

Silakan simak dan praktekkan langkah2nya…
Sebelum mulai jualan online, ada 3 riset yang akan harus dilakukan:

Riset Keyword
Riset Trend
Riset Competitor

 

Riset Keyword
Teman2 suka nanya ke Mbah Gugel kan kalo mau nyari sesuatu di internet? Nah, pernah kepikiran ga kalo ternyata setiap kata kunci pencarian (keyword) yang anda ketikin di kolom Gugel itu dicatet sama si Mbah?
Dan faktanya emang kaya gitu… Semua keyword yang diketikin orang-orang tuh dicatet sama si Mbah Gugel, dan disimpen di database milik dia.

Tapi untungnya, database si Mbah Gugel itu bisa diakses sama kita-kita ini. Yaah..walowpun bisa jadi ga semuanya bisa diliat dan akurat, tapi lumayan lah buat bekel kita riset pasar.
Dengan memiliki data keyword yang diketikin orang-orang di kolom pencarian Gugel, kita bisa memperkirakan berapa banyak orang yang nyari produk yang kita jual. Kalo udah ketauan berapa banyak calon konsumennya, kita akan lebih mudah ngitung potensi keuntungannya, ya kan?

Lalu, dimana tempatnya database Gugel itu? Dan gimana caranya supaya kita bisa liat dalemannya? Hush! Daleman database Gugel yah, bukan daleman siapa-siapa! πŸ™‚

Sabar ya…Baca habis postingan ini…

Selanjutnya adalah…

 

Riset Trend
Riset ini untuk mengetahui produk yang lagi ngetrend & populer di internet dalam rentang waktu tertentu.
anda bisa masuk ke Google Trend

 

Riset Competitor
Riset ini untuk mengetahui tingkat persaingan usaha di internet.
Penting banget kayanya untuk setiap pebisnis kaya kita, biar kita bisa ngukur kekuatan daya saing kita di dunia online, dan cara ngatasinnya.

 

Lantas bagaimana bisa memulai Riset dan Mendapatkan Produk Laris dan yang sedang Trend tersebut dengan mudah??

GUNAKAN ODERLO sebuah Tools Dahsyat yang bisa mencari Data PRODUK LARIS dalam Hitungan Detik! Dapatkan Tool ODERLO Sekarang dengan Klik Gambar :

Oderlo Tool Riset Pasar dan Pencari Produk Laris
Dapatkan Oderlo Sekarang! Tool Riset Pasar dan Pencari Produk Laris

 

Sooo sekali lagi selamat Praktek Praktek…dan Praktek…

Semoga Bermanfaat… Jangan lupa share postingan ini ke para sahabat Anda agar bermanfaat.. πŸ™‚

Yuk Ledakkan Omset Anda Sekarang!!

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

Facebook Comments

Leave a Reply

Keagenan Travel Agent Online