Iklan Google dan Alasan Kenapa Wajib Memanfaatkannya

bisnis ekspedisi nusa7 travel

Iklan Google dan Google Ads Display serta Alasan Kenapa Wajib Memanfaatkannya.

Apakah dikala ini Anda mempunyai usaha / bisnis berbasis online? Bila IYA, maka postingan ini akan sungguh-sungguh bermanfaat untuk Anda baca sampai selesai, karena saya akan membahas ALASAN UTAMA mengapa mulai kini Anda harus menentukan sebuah platform beriklan yang sungguh-sungguh powerful, akan tapi masih jarang diraba oleh para pengusaha online / mereka yang mempunyai usaha berbasis online. Ini dia Iklan Google !

Bila Anda berbisnis online, kemungkinan besar Anda sudah mengenal platform beriklan yang sudah banyak atau acap kali dipromosikan oleh banyak “guru / master” digital marketing di dunia maya, ialah facebook dan instagram.

cara jualan di lazada

Kami menyadari dan mengakui bahwa kedua platform tersebut sudah mengubah nasib banyak orang dalam hal memberikan peluang terhadap kita untuk beriklan produk / jasa kita melewati facebook dan instagram, dan tak sedikit dari mereka yang sudah menerima omset ratusan juta malah sampai puluhan milyar cuma dengan beriklan di kedua platform tersebut.

BACA JUGA : PELUANG BISNIS ONLINE YANG BISA DIJALANKAN SAAT LOCKDOWN

Seiring dengan berjalannya waktu, facebook dan instagram terus mengalami perubahan di bermacam aspek, seperti algoritma dalam beriklan, dashboard iklan facebook, placement / lokasi beriklan dan masih banyak lainnya

Kabar pantasnya ialah sebenarnya sebuah platform beriklan yang tak keok keren dari facebook atau instagram, malah sejujurnya platform yang satu ini jauh lebih keren dan powerful dari kedua platfom yang saya sebutkan sebelumnya.

Mungkin Anda berdaya upaya dan berkata “masa sich om, ada media iklan lain yang lebih canggih dari FB dan IG???”

Jawabannya ialah…. ADA!! dan Mau kami beritahukan berserta alasan – alasannya ????

Platform beriklan yang saya maksudkan diatas ialah Google Ads (dulu lebih diketahui dengan sebutan Google Adwords)

Kami  yakin Anda juga sudah sangat akrab dan sering mendengar dengan yang namanya Google Ads ini atau malah sudah pernah menggunakannya juga untuk mengiklankan bisnis Anda.
Betul apa Bener ????

Kemungkinan besar platform Google Ads yang pernah Anda gunakan itu ialah Google Ads Search atau biasanya acap kali juga disebut dengan istilah GSN / Google Search Network, dimana Anda beriklan dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk dapat tampil di kotak pencarian google dikala seseorang mengetik kata – kata tertentu. Akan tapi platform yang berharap saya bahas di postingan ini bukanlah GSN / Google Ads Search.

Yang akan kami bahas di artikel kali ini ialah Google Ads Display atau yang lebih sering disebut dengan GDN atau Google Display Network.

Notes : Anda tak perlu kebingungan dengan istilah Google Ads Search dengan istilah Google Search

Network. Keduanya ialah istilah yang serupa, cuma saja biasanya istilah Google Ads Search lebih mengarah ke platform beriklannya, sedangkan Google Search Network lebih mengarah ke jaringan periklanannya. (keduanya sama saja)

BACA JUGA : 25 PRODUK LARIS DI BULAN RAMADHAN

Jadi secara garis besar, jaringan periklan Google Ads itu ada 2 macam, ialah:

Google Ads Search atau GSN (Google Search Network)
Google Ads Display atau GDN (Google Display Network)
Ditambah dengan 1 macam lagi yang mulai isu terkini dikala ini ialah platform youtube untuk beriklan, tapi youtube akan saya bahas di postingan tersendiri di kemudian hari.

Lalu mengapa Anda perlu untuk menentukan untuk menerapkan Google Ads Display?
  • Menjangkau Lebih Dari 90% Pengguna Dunia Di
  • Display Keyword Targeting
  • Responsive Display Ads
  • GA Custom Audience
  • Observation & Targeting

Mari kita bongkar satu persatu 5 alasan diatas!

1. Menjangkau Lebih Dari 90% Pengguna Online Di Online

Menurut data dari Online World Stats terakhir, jumlah pengguna dunia online di dunia berjumlah 3,885,567,619 orang atau 3,8 Milyar lebih dan sekiranya kita ambil 90% nya karenanya energi jangkau google ads display menempuh kurang lebih 3,5 milyar pengguna dunia online.

iklan google

Aku dan Anda sepatutnya mengakui bahwa itu ialah jumlah yang amat signifikan, dimana tentu berpengaruh terhadap jumlah pengguna dunia online di Indonesia.

2. Display Keyword Targeting

Banyak advertiser belum mengenal bahwa Google Ads mempunyai banyak fitur keren untuk memudahkan kita para pengiklan tentang melaksanakan targeting iklan kita terhadap sasaran audience.

google ads

Google Ads Display menyediakan pelbagai fitur yang malahan tak dimiliki oleh saingan sekelasnya.

Salah satu fitur keren yang menjadi favorit dari Google semenjak pertama kali berdirinya adalah: Display Keyword Targeting

Mentargetkan audience menurut keyword ialah salah salah satu format targeting amat powerful yang hingga hari ini cuma dimiliki oleh Google sebab kehebatannya sebagai mesin pencari.

Mengaplikasikan keyword yang ideal amat menolong kita untuk menemukan audience yang amat tertargetatau orang – orang yang memang sedang mencari produk / jasa yang kita pasarkan.

Hebatnya ialah di Google Ads Display, Anda bisa memakai targeting keyword ini untuk mentargetkan 2 hal, adalah:

Orang-nya yang memang mencari menurut kata kunci
Web-nya dimana kita mentargetkan iklan kita tampil di web yang mengandung keyword – keyword yang kita bidik.

iklan google

Anda dapat bayangkan alangkah banyaknya jumlah web diluar sana yang bisa kita bidik dengan iklan kita, dimana iklan kita bisa timbul di jutaan web orang lain yang mempunyai tema keyword yang serupa dengan produk / jasa yang kita pasarkan.

Tidak hanya sampai disitu, malahan Anda bisa minta Google memberi saran apa saja keyword – keyword yang dimiliki oleh sebuah web.

Seumpama saja web saingan Anda, dimana Anda dapat masukkan nama web saingan Anda dan Google akan memberikan saran kata – kata kunci yang dimiliki oleh web yang Anda masukkan namanya tadi.

Dari situ, Anda sebagai pengiklan jadi tahu apa saja keyword yang perlu Anda targetkan untuk produk / jasa Anda. Sungguh menarik bukan!

Fitur yang baru saja aku jelaskan diatas ialah fitur “Custom Intent Audience” yang yaitu salah satu fitur baru dari Google Ads Display

BACA JUGA : JUALAN LARIS DENGAN TEKNIK WHATSAPP MARKETING

3. Responsive Display Ads

Fitur keren berikutnya ialah berdialog perihal bentuk iklan yang ada di Google Ads Display dimana umumnya kita ketahui dalam bentuk gambar saja.

Kini Google Ads Display sudah menambahkan fitur baru untuk bentuk iklannya yang dinamakan Responsive Display Ads, dimana iklan macam ini ialah kombinasi dari teks dan juga gambar.

Untuk bisa memakai fitur iklan google ini dengan optimal, Anda dipinta untuk memasukkan sebagian materi iklan seperti:

  • 1 Gambar iklan berukuran 1200 x 628 px (1,91:1)
  • 1 Gambar iklan berukuran 1200 x 1200 (1:1)
  • 1 Gambar logo berukuran 1200 x 300 (4:1)
  • 1 Gambar logo berukuran 1200 x 1200 px (1:1)
  • 5 ragam headline
  • 1 long headline
  • 5 ragam description
  • Business name
  • Final destination URL

google ads display

Dan berbekal materi iklan yang Anda isikan, Google akan menggabungkan pelbagai kombinasi dari materi Anda menjadi sebuah iklan yang terdiri dari gambar – gambar + teks – teks yang sudah Anda masukkan.

Disini google akan secara otomatis melaksanakan rotating pelbagai materi iklan Anda untuk diperlihatkan terhadap sasaran audience iklan Anda, dan kemudian sembari iklan berjalan, Google akan melaksanakan optimasi (machine learning) untuk menerima kombinasi dari gambar dan teks Anda yang mana yang menampilkan daya kerja yang terbaik untuk sasaran audience Anda.

Kecuali untuk melaksanakan optimasi, tujuan Google minta Anda memasukkan pelbagai ukuran gambar dan ragam teks ialah untuk menentukan iklan Anda bisa tampil di pelbagai ukuran iklan yang berbeda – beda di web partnernya Google, seperti iklan dibawah ini yang mempunyai ukuran banner iklan berbeda – beda yang tampil di web rekanannya Google Display Network.

iklan google

banner google ads

banner ads

Simpelnya ialah dengan memakai fitur ini, karenanya Anda tak perlu repot lagi melaksanakan split testing membikin sebagian bentuk iklan yang berbeda untuk mengenal iklan mana yang terbaik, sebab Google telah melaksanakan segala itu untuk Anda.

4. GA Custom Audience

GA Custom Audience ialah kepanjangan dari Google Analytic Custom Audience.

Mungkin dari namanya Anda telah dapat menerka kaprah – kaprah seperti apa fitur baru yang satu ini.

Seperti yang sudah Anda kenal bahwa Custom Audience ialah salah satu fitur yang umumnya disediakan oleh platform periklanan untuk Anda para advertiser membikin sebuah golongan audience khusus pantas dengan kriteria Anda, misalkan golongan audience ttt yang mengunjungi halaman tertentu di web Anda, atau golongan audience yang berasal dari database yang Anda miliki seperti surat elektronik pelanggan, atau juga nomor telp pelanggan Anda.

Google juga mempunyai fitur Custom Audience seperti yang dibeberkan diatas, akan melainkan Google membuatnya menjadi jauh lebih powerful dengan menambahkan kriteria yang lebih terperinci didalam fitur ini sehingga Anda cakap untuk membikin golongan audience yang mempunyai perilaku yang jauh lebih spesifik, kecuali cuma dari halaman laman ttt atau surat elektronik dan nomor telepon.

Yes betul sekali! dengan mengaitkan fitur Google Analytic dengan akun Google Ads Anda, karenanya Anda cakap membikin Custom Audience dengan memakai parameter dari Google Analytic.

Sekiranya Anda belum tau seberapa terperinci fitur dari Google Analytic, karenanya aku berikan sebagian parameter yang bisa Anda pakai untuk membikin sebuah golongan audience yang spesifik, adalah:

  • Berasal dari kota jakarta, dan memakai bahasa inggris
  • Memandang iklan Anda dari ukuran layar ponsel tertentu saja
  • Memandang halaman A & B, melainkan tak mengamati halaman C
  • Mengunjungi web Anda …. kali didalam …. hari terakhir
  • Wanita saja yang berusia 18 – 24 tahun
  • Mempunyai atensi dalam bidang properti
  • Datangnya berasal dari traffic source facebook saja
  • dan masih banyak lagi fitur dari Google Analytic yang bisa Anda manfaatkan

iklan google

5. Observation & Targeting

Fitur terakhir ini justru ialah fitur yang paling aku sukai, sebab kesanggupannya untuk mengamati adanya potensi – potensi tersembunyi dari eksistensi sasaran audience Anda, sembari Anda jalankan iklan Google Ads Display Anda.

Yakni fitur yang dinamakan Observation. Fitur Observation ini sepatutnya Anda aktifkan terutama dulu saat Anda memasang iklan sehingga fitur ini akan melaksanakan pengamatan kepada hasil dari iklan Anda yang sedang berjalan.

Untuk lebih gampang, aku seketika jelaskan dengan teladan…

Misalkan Anda melaksanakan targeting dengan keyword tentang “make up artist” untuk menargetkan ke orang – orang yang melaksanakan pencarian dengan kata – kata “make up artist” maupun supaya iklan Anda tayang di web yang bertemakan perihal make up artist.

Kecuali melaksanakan setting keyword, Anda juga mengaktifkan fitur Observation ini untuk 2 golongan adalah “topik”, dan juga “affinity” yang artinya ialah Google akan melaksanakan pengamatan kepada segala topik dan segala affinity nya google selama iklan berjalan.

Sesudah iklan diatas berjalan, terbukti timbul 7 konversi / penjualan dari seorang customer di web karenanya umumnya Google akan menonjolkan angka 7 konversi di report Google Ads Display Anda, seumpama konversi tsb terbukti berasal dari campaign A dan adgroup nomor 3.

Yang lebih hebatnya ialah saat Anda telah berada di adgroup 3 tadi yang mewujudkan penjualan, karenanya Anda juga bisa membuka menu “topik” dan “affinity” tadi yang Anda aktifkan fitur Observation nya dan disana Anda akan bisa mengamati terbukti (misalkan saja) segala 7 penjualan Anda itu berasal dari topik “wedding” dan affinity “getting married soon”.

Dari 2 data hasil Perhatikan Google (topik dan affinity) yang Anda aktifkan, karenanya Anda jadi menyadari bahwa terbukti orang – orang yang sudah melaksanakan pembelian itu banyak berasal dari golongan topik “wedding” dan affinity “getting married soon”

Artinya apa? artinya Anda jadi tahu bahwa kecuali menargetkan keyword “make up artist” untuk menjual jasa / produk Anda, terbukti Anda juga bisa memasang campaign baru lagi di Google Ads Display dengan menargetkan topik “wedding” dan atau affinity “getting married soon” sebab secara logikanya juga masuk di logika bahwa orang – orang yang membutuhkan jasa make up artist umumnya ialah orang – orang yang berharap menikah dalam waktu dekat (affinity getting married soon) maupun mereka yang mengadakan pesta pernikahan / menghadiri pesta pernikahan (topik wedding)

ads formula

Dengan kata lain Anda sudah menemukan golongan sasaran audience baru lagi yang dapat Anda targetkan, dan seiring dengan berjalannya waktu dan iklan Anda, karenanya potensi targeting Anda menjadi tak terbatas.

Demikian 5 fitur keren dari Google Ads Display yang bisa aku gambarkan terhadap Anda secara sekilas di postingan ini.

Sebetulnya masih banyak fitur – fitur keren lainnya yang dimiliki oleh Google Ads Display, dan saat Anda manfaatkan karenanya tentu akibatnya akan signifikan.

Postingan ini dihasilkan dengan tujuan memberikan ilustrasi besar terhadap Anda perihal fitur – fitur seperti apa yang bisa Anda manfaatkan saat Anda beriklan dengan memakai Google Ads Display. Semoga postingan ini berguna untuk Anda ya.  Untuk belajar lebih lanjut mengenai GOOGLE ADS DISPLAY, silakan join ke Grup Telegram dengan KLIK DISINI

Share bila anda rasa bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.