bisnis travel

Iklan Facebook dan Bagaimana Cara Membaca Hasilnya (Khusus Untuk Newbie)

Untuk Anda yang baru ber iklan Facebook mungkin masih awam dalam membaca berbagai Data yang ada di Dashboard FB Ads dan yang dihasilkan dari beberapa hari kita beriklan. Biasanya butuh 3-7 hari untuk mendapatkan hasil data yang cukup untuk dapat mengetahui Efektivitas dan memperbaiki iklan yang kita jalankan.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu anda ketahui untuk membaca data hasil Iklan kita di Facebook.

★ DISCLAIMER:
– Hasil bisa berbeda, tergantung tingkat kegantengan tongue emoticon – Ini hasil dari apa yang saya pelajari dan lakukan. Kalau berguna, silahkan digunakan. Kalau tidak, mohon jangan dicaci smile emoticon – Saya fokus pada iklan PPE hardselling – Kalau ada pertanyaan, langsung komen aja, biar bisa diskusi semua. Saya jawab semampunya. Saya juga masih belajar. Kalau Om Om lain bisa bantu jawab, saya mohon untuk ikutan jawab. Jangan inbox saya ya, please please banget. Saya agak paranoid kalo dapet inbox smile emoticon
★ TUJUAN:
Membantu teman teman untuk bisa membaca dan menganalisis hasil dari campaign Facebook ads nya sendiri. Harapan saya teman teman bisa jadi lebih mandiri dalam menggunakan FB ads. Jadi nanti gak lagi tanya “Gimana kalo hasil FB ads seperti ini? Dimatikan atau diteruskan?” Bukan apa-apa, tp saya percaya kalo kita bisa untuk mboten merepoti orang lain dengan bertanya hal-hal yg bisa kita pelajari sendiri, kita bisa berkembang lebih cepat, dan Allah pasti lebih mau menolong kita, InsyaAllah smile emoticon
★ DATA YANG DIPAKAI:
Facebook bisa menyajikan data yang super duper lengkap terkait campaign yg sedang kita jalankan. Sangking lengkapnya, newbie kayak saya jadi garuk-garuk kepala sambil mbatin “iki ngunu opo?” Nah, untuk menghindari kebingungan akibat kelebihan data itu, kita bisa memfilter data yang disajikan Facebook. Setelah browsing sana sini, belajar dari sini situ, saya cuma memakai 6 data: RESULTS, REACH, FREQUENCY, CTR, CPE (COST PER ENGAGEMENT), AMOUNT SPENT
★ CARA MENSETTING DASHBOARD ADS MANAGER
1. Klik dropdowns COLUMN
Iklan Facebook Data1
2. Pilih CUSTOMIZE COLUMNS
3. Akan muncul popup. Pilih metrik-metrik yg saya sebutkan tadi.
4. Klik APPLY
Iklan Facebook Data2
5. Tampilan dashboard ads manager kita sudah berubah. Jangan lupa SET AS DEFAULT biar gak hilang settingannya
Iklan Facebook Data3
★ MEMBACA DAN MENGANALISIS
1. Results / Hasil: Karena pakai iklan jenis PPE, maka hasilnya adalah engagement (interaksi). – Parameter sales => Per 1.000 engagement, harus ada setidaknya 1 sales. – Parameter leads => Per 500 engagement, harus ada setidaknya beberapa leads (Komen, Invite, SMS, BUKAN like) Kalo syarat gak terpenuhi, saya matikan campaign nya. Buat lagi, entah itu dengan targeting baru, ads copy baru, atau bahkan produk baru. “Pakai parameter yg mana?” Untuk produk yg banyak peminatnya, seperti fashion, saya pake leads. Untuk produk unik, baru, atau khusus, saya pakai sales.
2. Reach:
Per $1, minimal harus dapat 1,000 reach. Dibawah itu, saya matikan. Tapi selama ini, selalu diatasnya. Kalo produk fashion malah $1 bisa sampai 7.000-8.000 reach
3. Frequency:
Menunjukkan berapa kali iklan kita ditampilkan ke orang yg sama. Idealnya sih satu kali. Coba bayangkan sampeyan melihat iklan yg sama berkali-kali. Bosan kan? Lah karena bosan, interaksi/ engagement berkurang, Karena itu berkurang, iklan jadi mahal. Jadi, kalo saya batasnya 1.8. Diatas itu saya matikan. Tapi gak pernah sampe situ sih, soalnya supplier saya sering tutup, hehe.. Jadi harus mematikan campaign bagus sebelum waktunya. frown emoticon
Jago FB Ads
4. CTR:
Semakin tinggi CTR, semakin murah iklannya. Kalo produk fashion, minimal saya harus dapet diatas 6%. Kalo produk unik, baru, khusus, minimal saya harus dapet 2-3%. Dibawah itu, saya matikan
5. CPE / Cost per Engagement:
Harus dibawah 0.01$ untuk semua produk. Di atas itu, saya matikan. “Lho kok?” Sekarang anggap CPE nya 0.01$ berarti sekitar 135IDR. Untuk mencapai 1.000 engagement, berarti butuh 135.000. Kalo profit per pcs produk yg sampeyan jual itu 70.000, berarti sampeyan butuh 2 sales per 1.000 engagement untuk nutupi biaya iklan. Nah, sekarang bayangkan kalo CPE nya 0.02$, sampeyan bakal butuh 4 sales per 1.000 engagement untuk nutupi biaya iklan. Dan itu sulit menurut saya. Jadi, patokan saya tetep $0.01. BTW, selama saya ngiklan, cuma sekali saya dapet CPE diatas $0.01. Yang lain selalu dibawah $0.01, dan itu targetingnya ngawur dan asal. Jadi untuk dapet iklan murah itu menurut saya mudah. Yg susah itu, dapet iklan yg menghasilkan, hehe…
6. Amount Spent:
Lha kalo ini udah gak perlu dijelasin. Ini total biaya campaign sampeyan. Idealnya habis sedikit, dapet banyak. Hehe.. Tapi kalo saya, selama masih ketutup, saya jalanin. smile emoticon

★ MEMECAHKAN MASALAH DASAR ★

1. Iklan mahal:
Saya anggap teman2 sudah punya patokan sendiri tentang seberapa sih iklan yg mahal itu. Jadi, saya langsung kenapa iklan bisa mahal. Ini sebabnya, diurut berdasarkan dari yg paling mungkin (diadaptasi dr penjelasa Om Eka EBNP): a. ADS IMAGE: Gambar iklan gak menarik. Solusi => Pakai gambar iklan yg bagus. Kalo gak bisa (seperti saya), bisa diakalin dengan upload banyak gambar, 5-10. Bisa menampilkan beberpa produk sekaligus, atau satu produk dari sisi yg berbeda. b. TARGETING: Saya kira targeting untuk market indonesia gak terlalu sulit. Ngawur pun bisa dapet iklan murah. Gak pakai seting interest pun, cuma umur dan lokasi pun bisa dapet iklan murah. Sudah saya coba smile emoticon
2. Iklan sudah murah, tp leads sedikit:
Nah, ini juga sering jadi masalah saya. Sering banget malah. Iklan sudah murah, engagment tinggi, reach besar, tp leads yg masuk sedikit banget. Ini sebabnya, a. ADS COPY (menurut Om Novi Bayu): Seberapa baik kata-kata kita untuk mempengaruhi orang agar mau menghubungi kita, baik itu komen, invite, atau BBM. Saya pernah copas plek dr ads copy competitor yg cuma ngasih spesifikasi produk. Beh, sedikit banget leads nya. LIKE doang yang banyak squint emoticon
TIPS =>
Jangan menjual produk, jual lah apa yg dibutuhkan target. Maksudnya hubungkan produk yg sampeyan jual, dengan apa yg menjadi kebutuhan dasar target.
Contoh: — Jangan jual baju, Jual lah kegantengan yg bisa mereka dapatkan kalo mereka pakai baju yg sampeyan jual —
Jangan jual pemutih, Jual lah wajah cantik bersih putih yg bisa mereka dapatkan kalo pake pemutih yg sampeyan jual, —
Jangan jual sepatu, Jual lah lirikan mata cewek-cewek yg bisa mereka dapatkan waktu mereka pake sepatu sampeyan, dll Saya sudah mecoba ini. Dengan budget $4, invite bbm yg masuk 30-40 per hari. Gendeng!
Mau saya scale up, saya udah gak mampu handle. Belum punya CS frown emoticon
b. Produk yg Gak Menarik: Kalo ini gampang solusinya… Cari produk lain, hehe… Makanya paling enak jualan produk yg udah terbukti laris. Di sini Om Andre berperan penting untuk terus membagi ads copy grin emoticon untuk tahu produk apa yg sedang laris dijual. Keep sharing Om Andre smile emoticon
3. Leads udah banyak, closing nya sedikit:
Ini pasti ada masalah di pelayanan. Coba tanya ke diri sendiri, sudah ramahkah sampeyan ke calon buyer? Sudah responsifkah sampeyan? Emang mangkelno, kalo orang cuma tanya2 doank. Tapi kalo mangkel dituruti, ya jadinya sales sedikit. Hehe…
Bagaimana sahabat semua?? Sudah mulai Paham? jangan lupa share bila bermanfaat….
Oh ya…Untuk sahabat yang masih kesulitan mencari Interst dan Target yang tepat dalam beriklan Facebook , saat ini ada sebuah Tools Dahsyat yang dapat membantu sahabat semua untuk mempermudah, mempersingkat dan meningkatkan akurasi dalam beriklan Facebook! Yup alat bantu atau Tools ini bernama Insightzilla! Tool yang sudah digunakan lebih dari 4000 Internet Marketer ini saat ini dalam masa Diskon dan bisa langsuang sahabat semua dapatkan denga klik Gambar dibawah ini :
insightzilla-tools-edan
Bila ada pertanyaan atau tambahan silakan komen di kolom komentar dibawah ya…. Gudlak!

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

Loading...

dengan Submit data Anda di bawah ini,

Facebook Comments

One thought on “Iklan Facebook dan Bagaimana Cara Membaca Hasilnya (Khusus Untuk Newbie)

Leave a Reply

Keagenan Travel Agent Online