Cara Membuat Website dan Blog WordPress Sendiri

Mengamankan WordPress

Bagian terakhir dari tutorial WordPress ini adalah cara mengamankan WordPress. Hal ini penting agar website Anda terhindar dari serangan malware, virus, dan hacker.

1. Selalu Update WordPress

Update versi WordPress terbaru diperlukan untuk mengatasi celah (bug system) versi sebelumnya. Anda bisa melakukannya secara langsung melalui halaman dashboard WordPress ketika terdapat versi terbaru. Pastikan Anda selalu update versi untuk mengurangi resiko keamanan WordPress yang ada.

2. Update Plugin

Para pengembang plugin selalu berusaha untuk menutup bug dan hacker selalu mencari celah. Selalu update plugin Anda ke versi terbaru agar terhindar dari serangan hacker. 

3. Tema Juga Harus Selalu Update

Tidak hanya plugin, celah yang sama tentu akan dimanfaatkan oleh para hacker. Silakan cek  ketersediaan versi tema terbaru Anda melalui  menu Appearance > Theme pada dashboard WordPress Anda. Jangan lupa untuk menghapus theme WordPress yang sudah tidak Anda gunakan.

4. Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

Jangan hanya menonaktifkan plugin yang tidak perlu. Hapus plugin tersebut untuk menutup celah bagi para hacker untuk meretas website Anda. Selain itu, menghapus plugin yang tidak digunakan dapat meringankan kerja WordPress Anda.

5. Buat Custom Login

membuat situs web

/wp-login.php ialah link login yang otomatis digunakan setelah kita melakukan instalasi dan akan login WordPress. Tentunya para hecker mengetahuinya dan mempermudah mereka untuk menerobos ke akun Anda. Terlebih jika Anda menggunakan password yang sama di berbagai akun layanan lainnya. Untuk mencegahnya, kita bisa mengubah link login ke WordPress menggunakan plugin Custom Login URL Nantinya Anda juga dapat mengubah link logout, lost password dan lainnya.

Tips untuk mengamankan WordPress lebih lengkap dapat Anda baca di artikel ini.

animatoon

 

Hosting Unlimited Indonesia

 

6. Lakukan Backup

Melakukan backup secara berkala sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Ketika terdapat fungsi yang tidak berjalan atau terkena virus dan dibutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan pemulihan dengan cepat dengan cara me-restore backup yang telah dibuat.

Proses backup dapat dilakukan dengan dua cara, backup otomatis dan backup manual. Backup secara manual meliputi penyimpanan database MySQL dan file yang terdapat pada website WordPress Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur backup dari layanan hosting yang dapat dilakukan secara otomatis.

Untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda memasang plugin WordPress untuk melakukan backup secara otomatis. Anda dapat menentukan sendiri jangka waktu backup yang dilakukan secara otomatis, setiap bulan, minggu atau hari.

free list builder

Beberapa plugin backup WordPress yang kami rekomendasikan diantaranya:

  • Updraftplus: Plugin ini sangat populer dengan berbagai fitur backup dan restorenya. Selain fiturnya yang lengkap Anda juga dapat memilih file apa saja yang akan terupdate secara berkala.
  • BackUpWordPress: Selain menawarkan penggunaan backup dan restore yang mudah, plugin ini hanya membutuhkan memori yang kecil sehingga tidak memberatkan server hosting Anda.

 

Kalau menurut kamu artikel ini bermanfaat tolong bagikan pakai tombol share di dibawah ini.

Semoga bermanfaat…

Facebook Comments

104 thoughts on “Cara Membuat Website dan Blog WordPress Sendiri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.