Apa Itu Landing Page? Apa Bedanya dengan Website?

Sudah memiliki Toko Online tapi belum memiliki Landing page? Apa itu Landing Page?

Sayang banget loh… Karena dengan memiliki halaman ini dalam website anda, konversi dan tingkat closing anda bisa jauh lebih besar! Simak Apa Itu Landing serta detilnya berikut ini…

Tapi… Tunggu dulu… jangan jangan anda belum tahu apa itu Landing page??

Nah… di artikel ini, Innetzone mau membahas lebih jauh apa itu landing page berikut definisi serta fungsinya. Dan apa sih perbedaannya dengan website?

Apa Itu Landing Page?

Halaman ini, yang selanjutkan kita sebut dengan singkatan LP merupakan halaman dalam sebuah website yang di desain secara khusus dengan tujuan dan  mindset marketing.

Halaman web inilah yang akan ditampilkan ketika pengunjung masuk ke halaman website dari hasil pencarian, baik itu yang organik atau yang berbayar

Lantas…. apa perbedaannya dengan website?

Serupa tapi tak sama… hehe

Masih banyak yang bilang website sama kayak LP
Masih banyak yang bilang LP itu ya salespage
Masih banyak yang bilang bikin LP itu ya sama kayak bikin website

Dan seterusnya…
Padahal, ya beda jauh keduanya…

Apa aja bedanya?

Ada beberapa hal yang bikin keduanya berbeda, tapi juga sama…

bisnis travel nusa7 travel
Miliki Bisnis Travel Sendiri hanya butuh Rp. 497 Ribu!

Apa aja tuh?

1. TUJUANNYA

Website :
Sebuah website, biasanya dibuat untuk tujuan yang lebih umum. Lebih khusus lagi, website biasanya untuk mendeskripsikan sekaligus menampilkan sebuah bisnis tertentu yang memberikan informasi dengan jumlah halaman yang lebih dari 1. Sebuah website biasanya memiliki beberapa hal ini….

LP :
Sebuah LP, jauh berbeda dengan web site. Landing memiliki cakupan tujuan yang lebih khusus dan spesifik. Misalnya, tujuannya adalah hanya untuk menjual produk saja, dan lainnya. Sedangkan, sebuah LP biasanya memiliki beberapa hal ini….

2. AUDIENCE

Website :
Seperti yang saya jelaskan, sebuah website memiliki tujuan yang lebih umum, maka website juga memiliki cakupan audience atau target market yang lebih umum sifatnya.

LP :
Sesuai dengan tujuannya, landing page juga memiliki audience atau target market yang lebih spesifik. Misalnya, hanya untuk target market para emak-emak saja dan lainnya

3. KONTEN ATAU ISI

Website :
Sebuah website biasanya akan berisi banyak konten yang bermacam macam dari sisi modelnya. Di dalam sebuah website juga akan memiliki banyak halaman juga.

LP :
Sebuah landing page juga memiliki sebuah konten atau isi di dalamnya yang sangat khusus. Misalnya, untuk menampilkan produk yang di gratiskan, atau juga bisa untuk menampilkan produk yang baru saja di produksi

free list builder

4.DESAIN

Website :
Sebuah website biasanya akan di desain dengan banyak model dan bermacam macam juga. Tergantung halaman, dan konten yang di tampilkan dalam sebuah halaman

LP :
Landing page biasanya memiliki desain yang secara khusus. Karena memang landing page bersifat khusus dari tujuan, audience, hingga isinya. Desainnya pun hanya itu itu saja

Karakteristik Homepage:

  • LP biasanya berisi tampilan utama sebuah website;
  • Homepage merupakan halaman pertama yang dilihat ketika membuka sebuah website;
  • Dalam Homepage ini tombol navigasi dan URL menuju halaman penting ditampilkan di website;
  • Homepage merupakan etalase bagi pelanggan untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan.

Karakteristik LP:

  • LP adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website; 
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website. Misalnya, di halaman landingpage di mana kami menyediakan informasi lengkap soal web hosting dan tombol pembelian;
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Kini, Anda sudah paham perbedaan antara homepage dan landing page. Supaya pemahaman Anda lebih dalam lagi, di bagian berikutnya kita akan bahas jenis-jenis landing page.

Contoh-Contoh LP

Kita sudah bicara soal apa itu landing page, fungsinya, perbedaan homepage dengan LP, serta jenis-jenisnya. Tapi rasanya, pembahasan takkan lengkap tanpa adanya contoh-contoh landing page yang apik.

Karena kami baik hati (hehe), berikut kami sertakan beberapa contoh LP yang inspiratif. Tak cuma screenshot dan sedikit deskripsi saja. Kami juga akan mengulas mengapa desain landing page patut dijadikan inspirasi.

Airbnb

merupakan platform persewaan properti. Startup ini bekerja semacam broker antara pemilik properti dengan siapa saja yang tertarik menggunakan properti tersebut.

Baru-baru ini Airbnb juga melebarkan sayap ke arah lainnya. Tak cuma properti saja, sekarang segala pengalaman berwisata bisa diatur dengan Airbnb. Mulai dari tur kuliner, kelas memasak, konser, touring, hingga pengalaman wisata yang berdampak sosial.

Semuanya bisa diatur lewat Airbnb.

Nah, kini saatnya bicara soal landing page. Gambar di atas merupakan landing page untuk partner Airbnb. Di bagian kanan Anda bisa mengecek perkiraan uang yang didapatkan dengan menyewakan properti lewat Airbnb.

Tips membuat LP ala Airbnb :

landing page

  • Tampilkan foto interaksi manusia ketika Anda bermaksud mengajak user bergabung ke program Anda.
  • Objek yang diletakkan di sebelah kiri akan jadi fokus user. Maka, tentukan poin apa yang ingin ditonjolkan dari bisnis Anda. 
  • Buat formulir dengan kolom isian yang singkat. Format macam ini meningkatkan keinginan user untuk mengisinya.

Jangan lupa, join waiting list LANDING PAGE MASTERY kalau ingin belajar bikin landing page biar gak salah paham lagi masalah landing page, website

Siapa tak kenal Neil Patel? Ia adalah seorang penulis dan marketer yang sangat berpengaruh di dunia. The Wall Street Journal menyebutnya dalam jajaran influencer di bidang marketing, khususnya via web.

Entrepreneur Magazine memasukkan perusahaan Neil Patel dalam daftar 100 perusahaan brilian. Ia pun sempat disebut sebagai 100 pengusaha sukses di usia bawah 30 oleh Presiden Barack Obama. Neil Patel juga masuk daftar 100 pengusaha sukses di bawah usia 35 yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam websitenya, Neil Patel menyajikan berbagai tool untuk marketing. Utamanya, segala tool yang dipakai untuk mengoptimasi performa website bisnis.

Landing page Neil Patel merupakan tipe lead generation landing page. Ia mengajak pengunjungnya untuk mengisi kolom email yang disediakan. Nantinya, lewat alamat email inilah pengunjung mendapatkan berbagai insight dan tips yang dikirim langsung ke inbox.

Tips membuat LP ala Neil Patel :

apa itu landin

  • Buat landing page dengan ilustrasi yang simpel, unik, sekaligus meningkatkan rasa ingin berpartisipasi dari pengunjung.
  • Ilustrasi lucky wheel atau game sejenisnya bisa meningkatkan rasa buru-buru pengunjung untuk mengikuti tawaran yang disodorkan. 
  • Buat headline yang singkat, padat, tapi menjanjikan.
  • Sertakan keterangan tambahan di bagian bawah. Hal ini untuk menghindari Anda dari tuduhan “penipuan” karena embel-embel win the prize.
  • Lampirkan pula URL menuju halaman privacy policy dan term of service. Keduanya penting apalagi jika audiens bisnis Anda merupakan segmen internasional.

Cara Membuat LP 

Yak! Anda sudah penuh akan inspirasi. Seharusnya, Anda sudah merasakan semangat menggebu untuk membuat landing page website bisnis Anda.

Tinggal satu pertanyaan yang muncul di benak Anda. Bagaimana caranya?

Sebetulnya mudah saja. Anda tinggal menginstal satu plugin website builder di website berbasis WordPress. Di WordPress Repository sendiri, ada banyak pilihan plugin untuk mengutak-atik tampilan website dengan mudah.

Atau anda bisa menggunakan Platform membuat Landing page tanpa harus menggunakan Domain dan Hosting, yang bernama SNAPIXA yang bisa anda cek dengan KLIK DISINI.

Sudah Siap Membuat Landing Page?

Akhirnya kita sampai pada kesimpulan artikel ini. Bila sudah paham apa itu landing page dan bagaimana fungsinya, kini saatnya untuk anda praktek! 

Untuk anda yang ingin tahu panduan lengkap bagaimana cara membuat landing page secara detil serta step by step menghasilkan sebuah landing page yang dapat meledakkan konversi penjualan, kami sarankan untuk belajar khusus dan mendapatkan panduan lengkapnya dengan mendapatkan pembelajarannya di Landing Page Mastery dengan KLIK DISINI :

landing page mastery

Semoga insight dalam artikel ini dapat menambah wawasan serta dapat meningkatkan bisnis online serta konversi penjualan anda kedepannya.

Share artikel ini bila anda rasa bermanfaat…

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.