Bisnis Travel Agent

12 Trik Cara Mensiasati Facebook Algoritma di Tahun 2018

Apa saja perubahan Facebook Algoritma di tahun ini? Bagaimana cara mensiasati Facebok marketing dengan algoritmanya yang baru di tahun 2018??

Facebook memprioritaskan post dengan interaksi dan komentar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook akan mengutamakan postingan yang memiliki banyak interaksi dan komentar. Menurut definisi Facebook, postingan-postingan ini adalah postingan yang di-share oleh orang-orang dan mendapat reactions, serta postingan yang dapat menginspirasi percakapan di kolom komentar.

 Facebook Algoritma-2

Pengguna Facebook akan melihat lebih sedikit konten dari brands, bisnis, dan media

Facebook akan mengurangi konten dari brands, bisnis, dan media. Anda akan melihat lebih banyak konten dan post dari teman-teman dan keluarga Anda. Postingan dengan komentar dan interaksi yang banyak tetap akan muncul lebih dulu dibanding postingan yang memiliki sedikit komentar dan interaksi. Komentar yang lebih panjang dinilai memiliki engagement yang lebih tinggi.

 

Video tidak akan menjadi prioritas

Facebook mengatakan bahwa video, tidak peduli seberapa informatif dan menghibur, tidak akan menjadi prioritas Facebook dalam menyusun timeline Anda. Ini karena Facebook menganggap bahwa menonton video adalah sebuah kegiatan pasif yang tidak mendorong terjadinya percakapan. Ini sebenarnya cukup mengagetkan karena selama ini video adalah salah satu jenis konten yang paling sering pada News Feed. Selain itu, video juga menjadi salah satu cara efektif bagi brands untuk membuat brand dan bisnisnya dikenal banyak orang secara organik.

Meski begitu, live video tetap akan diprioritaskan oleh Facebook. Mereka menganggap bahwa live video mendapat enam kali lebih banyak interaksi dibanding video biasa. Interaksi seperti inilah yang mereka cari dengan algoritma baru mereka ini.

Facebook Groups juga akan menjadi prioritas

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Vice President Facebook Adam Mosseri mengatakan bahwa Facebook Groups adalah salah satu cara bagi orang-orang untuk berinteraksi secara personal di Facebook. Oleh karena itu, konten dari Groups juga akan menjadi prioritas dalam menyusun timeline Anda. Facebook juga memiliki halaman Groups for Business agar bisnis bisa memiliki satu platform khusus untuk komunitas mereka.

Memang belum ada waktu pasti kapan mereka akan melakukan perubahan ini, tetapi Facebook mengindikasikan bahwa perubahan ini akan terjadi di seluruh produk Facebook dalam waktu beberapa bulan ke depan. News Feed atau timeline akan menjadi tempat pertama terjadinya perubahan-perubahan ini.

Apakah perubahan ini mempengaruhi advertising?

Menurut Facebook, perubahan ini tidak memiliki pengaruh langsung dengan bagaimana advertising bekerja karena advertising memiliki algoritma terpisah. Ini berarti postingan iklan pada Facebook tidak akan terpengaruh dengan update News Feed ini. Jika Anda memiliki campaign yang sedang berjalan, mereka tidak akan terpengaruh.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan budget advertising Facebook Anda akan meningkat.

Facebook advertising adalah salah satu strategi advertising yang termasuk cost-effective jika dibanding dengan metode advertising lainnya. Tetapi dengan berkurangnya distribusi organik, ada kemungkinan Anda harus memanfaatkan fitur advertising berbayar milik Facebook yang tentunya akan meningkatkan budget advertising Anda.

Bagaimana perubahan algoritma Facebook mempengaruhi bisnis?

Sebenarnya selama beberapa waktu belakangan ini, news feed Facebook sudah semakin menekankan postingan yang memiliki interaksi tinggi berdasarkan likes, comments, dan shares antar teman, tetapi Facebook juga memanfaatkan algoritma untuk menghadirkan konten yang mungkin dianggap menarik oleh penggunanya. Tentunya dengan perubahan algoritma, ini akan terus berlanjut. Tetapi postingan yang menjadi prioritas adalah postingan yang berasal dari teman-teman pengguna Facebook.

Oleh karena itu, Facebook mengatakan bahwa dengan update News Feed ini, konten publik yang dibuat oleh bisnis dan media akan merasakan dampak negatif. Ini bukan berarti bahwa jangkauan organik sudah mati. Facebook menambahkan bahwa konten dari bisnis dan media tetap akan didistribusikan, tetapi mereka tidak akan muncul sebanyak dulu atau berada di bagian atas timeline pengguna Facebook.

Perusahaan-perusahaan yang biasanya tidak menerima banyak komentar dan shares di postingan mereka akan merasakan adanya pengurangan pada jangkauan organik mereka. Jika konten Anda memiliki interaksi tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena pengurangan jangkauan organik yang Anda rasakan mungkin sedikit. Intinya, perusahaan yang kebanyakan membuat postingan marketing dengan sedikit nilai akan mengalami pengurangan jangkauan organik yang signifikan.

Perlu diperhatikan juga bahwa value seorang ‘fan’ di Facebook page sebuah bisnis juga berkurang. Bahkan jika seseorang mengikuti Facebook page sebuah bisnis, kemungkinan mereka melihat postingan dari bisnis tersebut juga berkurang.

Sebenarnya, Anda tidak perlu panik karena sampai sekarang belum ada bukti konkrit bagaimana perubahan algoritma facebook ini mempengaruhi bisnis dan media. Memang secara teori, perubahan ini mendorong bisnis dan media untuk mengevaluasi strategi marketing Facebook untuk berinteraksi dengan klien.

Beberapa perusahaan mungkin tergoda untuk menerapkan strategi permainan sistem dengan membuat konten berkualitas rendah untuk mendorong komentar dan pemberian tag. Strategi ini disebut “umpan keterlibatan” dan telah menangkap perhatian Facebook untuk beberapa lama. Facebook sendiri mengembangkan model pembelajaran mesin yang dirancang untuk mendeteksi berbagai jenis umpan keterlibatan dan menghapusnya dari News Feed. Facebook pages yang menggunakan umpan keterlibatan untuk mendapat distribusi organik pada News Feed akan diturunkan oleh Facebook.

FB ads Formula

Bagaimana cara memanfaatkan algoritma Facebook yang baru untuk bisnis Anda?

Sebenarnya, update Facebook algoritma ini adalah berita baik untuk brands dan bisnis yang banyak berinteraksi dengan klien mereka serta menciptakan dan membagikan konten yang berkualitas. Seperti apa yang Facebook katakan, postingan click-bait tidak akan ada lagi di timeline Anda. Ini memberi ruang bagi konten berkualitas tinggi yang mendorong interaksi untuk muncul di timeline Anda.

Ini berarti Anda akan melihat semakin sedikit konten dari bisnis dan media di timeline Anda, tetapi konten yang ada lihat adalah konten yang berkualitas tinggi dan memiliki interaksi yang tinggi.

Meskipun lebih sulit untuk membuat konten seperti ini, konten yang berkualitas tinggi sebenarnya lebih bermanfaat, baik bagi bisnis maupun klien dan pembaca.

Baca Juga : Cara Targeting Facebook Ads Yang Tepat dan Lengkap 

Lantas, bagaimana menyikapi perubahan diatas tersebut?

Simak 17 Tips & Strateginya berikut ini ;

#1 Cara terbaik dan termudah adalah melalui layanan iklan resmi di Facebook atau Facebook Ads.

Dengan membayar sejumlah biaya, Facebook akan memberikan tempat di Newsfeed dan dapat memberikan estimasi berapa orang yang akan melihat iklan tersebut. Kenapa begitu?

Facebook menghadirkan target iklan yang sangat spesifik. Data-data spesifik pengguna seperti domisili, jenis kelamin, hobi, dan berbagai preferensi lainnya dimiliki oleh Facebook. Hal itu tentu sangat berguna bagi siapa saja yang hendak beriklan di Facebook.

Alasan lainnya, sebagaimana dikutip Forbes, Facebook mengirimkan trafik lebih besar bagi publisherdibandingkan Google. Ya, beriklan di Facebook lebih memberikan hasil daripada beriklan di Google.

Jadi… Manfaatkan Facebook Ads sekarang juga! Untuk Anda yang nelum menguasai Facebook Ads Wajib belajar salah satu pengirim Traffic terbesar di dunia online ini dengan belajar di Mentoring Facebook Ads

Facebook Algoritma-Infographic
Apa Yang Boleh & Tidak Boleh Anda lakukan di Facebook Marketing 2018

#2 Temukan cara agar postingan kita di-prioritas-kan robot Facebook.

Di update kali ini, FB bakal suka kalo postingan kita memantik diskusi dan interaksi yang bermakna.

Sampe di sini saya excited. Asik juga nih FB. Ngedorong diskusi BERKUALITAS. Jadi kalo dulu FB-tu berasa lagi ngobrol sia-sia di sekumpulan orang, sejak update ini semuanya bakal beda.

Yang bener?

Emang sistem FB udah bisa bedain mana yg bermakna dan berbobot mana yang enggak? Lha Om Adam ngasih bocoran mana yang dianggep “interaksi berkualitas” itu. Dan apa sih yg dianggep bagus FB?

“Kami akan menilai bobot lebih pada komen-komen PANJANG ketimbang komentar pendek. Dan KOMENTAR LEBIH berat timbangannya ketimbang sekedar like.”

Kalo cuma panjang-panjangan komen yang diukur, saya pesimis. Jangan-jangan orang malah lebih semangat “diskusi” soal hoax dan adu domba.

Kan bisa jadi tuh… 😀

Jadi RINGKASNYA, kalo mau dapet exposure lebih di News Feed, bikinlah post yang memicu meaningful dialogue antar sesama manusia.

 

Baca Juga : Iklan Facebook dan Cara Membaca Hasilnya untuk Newbie

 

Loading...

Langkah lainnya adalah..

#3 Kurangi FREKUENSI posting yang tidak bermanfaat.

Lebih baik membuat Postingan Terjadwal dengan materi bermanfaat. Gunakan Rumus 80/20. 80% Postingan Bermanfaat, 20% nya baru Postingan jualan. Usahakan dalam bentuk Soft Selling.

#4 Bikin konten yang bikin fesbuker SALING DISKUSI di komentar

 

#5 Rajin2 live video karena video LIVE menghasilkan engagement 6x lebih banyak ketimbang video biasa.

#6 Mau tidak Mau Anda harus menguasai FACEBOOK ADS!

Yang belum menguasai FB Ads bisa belajar di Mentoring Jago FB Ads atau Mentoring Hasilkan 1 Milyar dari Facebook.

#7 Gunakan & Kuasai Messenger Chatbots

Tren ke depan, orang ga bakal ngejar banyak like. Memprospeknya lewat “messenger”. Mau tahu seperti apa itu Chatbot atau Reply dan Sender Chat otomatis??

Coba klik m.me/belajarinetmarketing Maka anda akan mendapatkan balasan otomatis melalui FanPage kami tsb. Anda bisa menggunakan beberapa tools Auto Messenger reply ini untuk meningkatkan Closing dan Interaksi Fanpage Anda. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah tool auto reply karya Anak Bangsa yaitu Shot Messenger

#9 Kuasai Sumber Traffic Lain

Prinsip saya dan teman2 Internet Marketing di Komunitas Online Adalah mendatang “Massive Traffic”. Kami menggunakan RUMUS MCCC + DS

#10 Gunakan Rumus MCCC + DS

Apa itu Rumus MCCC + DS??

M = MASIVE (Traffic and Action)

C = COPYWRITING

C = COMMITMENT

C = CONSISTENT

D = DOA

S = SEDEKAH

Saya akan menjelaskan lebih lanjuta mengenai Rumus MCCC + DS di Grup Telegram “Belajar Inet Marketing” bila teman-teman ingin lebih mempelajarinya secara mendalam dengan bergabung di Grup Telegram dengan Klik JOIN GRUP BIM

Yang dimaksud dengan Massive Traffic adalah mendatangkan Orang/Pengunjung sebanyak-banyaknya ke seluruh akun kita, baik FB, Instagram, Website dan lain2. Buat FB Personal atau Cloning sebanyak-banyaknya.

Cari Target Market yang anda tuju dan jadikan Teman di FB Personal. Maksimal FB Personal hanya bisa mendapatkan 5000 org saja. Tapi kalo anda punya 10 Akun dengan teman 5000, berarti anda akan memiliki Audience dan Calon Customer 50.000 orang!. Bayangkan bila Anda bisa mendapatkan Sales dari 50.000 org tsb 5-10%… Hasilnya Bakal Edan!! 😀

Tapi… Kallau Anda melakukannya secara manual untuk mendapatkan 50.000 teman tertarget secara manual, Saya yakin… Jempol Anda bakal Gempor!! Atau minimal bengkak-bengkak,,, hehehe… (Lebay!)

Nah… ini ada caranya… Anda memerlukan sebuah tools Otomatis yang dapat membantu FB MArketing Anda dilakukan secara MASSIVE dan Gila-Gilaan!! Caranya juga akan saya share di GRUP TELEGRAM BIM

Tapi anda bisa menggunakan Tools dan Mendapatkan Panduan lengkap melakukan Facebook Marketing GRATISAN Secara Massive dengan simak : Facebook Marketing Automation Tools

 

 

#11 Facebook Hack Growth Traffic

Ini bisa dibilang cara kotor atau cara ilegal yang tidak memenuhi Facebook Algoritma dan di benci Mark Z. Tapi Anda bisa lakukan dan Dapat membuat peningkatan Traffic Anda secara Gila-Gilaan secara GRATISAN!

Mungkin Anda sudah paham betul, bagaimana cara Jualan Laris di Facebook secara organik (baca: Gretongan/Gratisan tanpa Ngiklan)

Dan mungkin juga Anda sudah paham langkah-langkahnya:

  • Add Friend Tertarget sebanyak-banyaknya dengan Membuat Akun Personal (atau yang biasa disebut akun Klonengan atau saya biasa sebut Ghost Account) Sebanyak-banyaknya.
  • Perbanyak Posting, baik untuk Branding maupun Promosi
  • “Jaga Hubungan” dengan interaksi di postingan teman-teman FB meskipun cuman Like
  • Atur waktu buat cancel request pertemanan, biar ga kena pentung om Mark :v dan seterusnya…

 

facebook algoritma
Dapatkan Tools Otomatis utk Optimasi Facebook Marketing Gratisan anda dengan KLIK GAMBAR

Tapi trik lain yang juga penting untuk mensiasati Facebook Algoritma adalah,

#12 Tingkatkan Personal Branding anda.

Ini wajib, agar orang semakin mengenal Anda dan Profile anda tidak hilang ditelan banyak nya Traffic FB. Tamilkan diri Anda secara jujur, kegiatan anda, dan bangun Interaksi secara personal sebagai manusia. Jang berlaku sebagai Robot dan Tidak mencerminkan diri Anda yang sebenarnya.

 

Nah.. demikian beberapa Tips dari saya menghadapi perubahan Algoritma Facebook. Apakah teman2 memiliki tambahan tips lain untuk mengatasi Facebook Algoritma terbaru di 2018 ini?? Bila ada saran atau tambahan dari pengalaman anda, silakan lampirkan di kolom komentar.

Silakan share Artikel ini bila anda rasa dapat bermanfaat dan membantu sahabat-sahabat Anda yang lain yang ingin mengoptimalkan Facebook marketingnya.

Semoga bermanfaat…

Jangan lupa..
PRAKTEK TANPA TAPI TANPA NANTI!!

Suka dengan Artikel ini?

Dapatkan Update berbagai Artikel bermanfaat lainnya,

dengan Submit data Anda di bawah ini,

Facebook Comments

One thought on “12 Trik Cara Mensiasati Facebook Algoritma di Tahun 2018

Leave a Reply

Keagenan Travel Agent Online